Cara Kampus YAI Tanamkan Nilai Pancasila kepada Mahasiswa Baru

Gervin Nathaniel Purba 14 September 2018 12:57 WIB
Cara Kampus YAI Tanamkan Nilai Pancasila kepada Mahasiswa Baru
Cara Kampus YAI Tanamkan Nilai Pancasila kepada Mahasiswa Baru. (Foto: Dok. Kampus YAI)
Jakarta: Kampus YAI mengadakan kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa/i baru tahun akademik 2018/2019 yang dilaksanakan pada 13 September 2018, di Jalan P Diponegoro Nomor 74, Jakarta Pusat. 

Kampus YAI terdiri atas Universitas Persada Indonesia YAI, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAI, dan Akademi Akuntansi YAI. Kegiatan pengenalan kehidupan kampus ini mengusung tema Pengenalan Kehidupan Kampus, LPT YAI yang Dibingkai Nilai-Nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

Kepala Biro Humas dan Marketing YAI Desy S Anas mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengembangkan pemahaman tentang esensi kehidupan mahasiswa dalam konteks budaya dan berbangsa bernegara, dalam konteks kebhinnekaan, dan kehidupan global yang berbasis nilai-nilai Pancasila.

"Selain itu, terdapat sosialisasi mengenai pencegahaan dan bahaya dalam penggunaan Narkoba dari Badan Narkotika Nasional (BNN) serta penyampaian materi dari Polri mengenai wawasan kebangsaan berbasis nilai-nilai Pancasila bagi mahasiswa baru dalam memasuki perguruan tinggi," ujar Desy.


(Foto: Dok. Kampus YAI)

Menurutnya, terdapat sekitar ribuan mahasiswa/i baru Kampus YAI yang akan mengikuti kegiatan pengenalan kampus. Tidak hanya mengenalkan mahasiswa/i barunya ke dalam lingkungan kampus, YAI pun akan terus meningkatkan kualitas pendidikan agar membentuk mahasiswa cerdas dan berbudi pekerti luhur, sehingga dapat bersaing di dunia kerja.


(Foto: Dok. Kampus YAI)

Kegiatan pengenalan kampus ini sesuai dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 253/B/SE/VIII/2016 tentang Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa. Kegiatan pengenalan kampus diimbau dapat diisi dengan materi tentang pengenalan kehidupan kampus, baik akademik maupun non akademik, disertai materi wawasan kebangsaan, kesadaran bela negara, pencegahan, penanggulangan dan penyalahgunaan narkoba, serta meredam radikalisme dengan metode yang tepat.

"Kegiatan ini juga diharapkan mampu menumbuhkan keakraban di antara mahasiswa, agar ada rasa berbagi informasi tentang pengembangan penalaran dan kreativitas mahasiswa/i, serta organisasi kemahasiswaan yang ada di kampus," ucapnya.

Hadir dalam acara tersebut Ketua YAI H. Julius Sjukur, Rektor Universitas Persada Indonesia YAI Prof. Dr. Ir. H. Yudi Yulius dan seluruh mahasiswa baru YAI.

(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id