Delegasi Universitas Sebelas Maret di
Delegasi Universitas Sebelas Maret di

UNS Perkuat Kerja Sama dengan Universitas Jepang

Nasional Pendidikan Tinggi
Muhammad Syahrul Ramadhan • 11 Oktober 2019 11:15
Jakarta: Universitas Sebelas Maret (UNS) memperkuat kerja sama akademik dan non-akademik dengan universitas di Jepang. Kerja sama dilakukan dalam "The 5th Japan- Indonesia Rector's Conference".
 
"UNS telah terlibat dalam kegiatan ini sejak kali pertama diselenggarakan," kata Direktur Pascasarjana UNS, Sutarno, kepada Medcom.id, Jakarta, Kamis, 10 Oktober 2019.
 
Sutarno mengungkapkan UNS telah memiliki beberapa kerja sama dan beragam kegiatan yang dikembangkan dengan universitas-universitas di Negeri Matahari Terbit itu. Salah satunya, dual degree program pada program doktor dengan Gifu University.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Selain itu melalui inisiasi dosen-dosen UNS yang merupakan alumni-alumni Jepang, kerja sama dengan universitas Jepang telah secara serius dilaksanakan," papar dia.
 
Beberapa universitas yang telah bekerja sama dengan UNS yakni Kyushu University, Tottori University, Chiba University, Nagoya University, Yamaguchi University, Kokushikan University, Gifu University, Saga University, Kurume University, Tokyo Institute of Technology. UNS akan menjalin kerja sama dengan Yamaguchi University pada konferensi kali ini.
 
"Bersamaan dengan event ini, juga ditandatangani MoU antara Universitas Sebelas Maret dan Yamaguchi University. Penandatanganan dilakukan oleh Prof Dr Jamal Wiwoho, rektor UNS, dan Masaaki Oka.M.D. PhD selaku President Yamaguchi university yang disaksikan oleh Dirjen Belmawa Kemenristekdikti, Prof Ismunandar dan sekretaris dirjen kelembagaan Ir Agus Indardjo Ph.," terang dia.
 
UNS dan Yamaguchi University melakukan kerja sama berupa student mobility, staff mobility, joint research dan publication. Kedua universitas akan memulai pembicaraan dual degree program setelah penandatanganan MoU.
 
UNS juga akan menandatangani MoU dengan Hiroshima University. UNS juga telah memulai pembicaraan menginisiasi kerja sama baru dengan beberapa universitas di Jepang yang ikut menghadiri event ini.
 
Konferensi yang digelar pada 10-11 Oktober 2019 ini juga bakal dimanfaatkan delegasi UNS untuk menyampaikan presentasi pada group session 2: Research Collaboration on Sustainable Development.
 
"Prof Ahmad Yunus (Wakil Rektor 1 UNS) membagikan pengalaman UNS melaksanakan kerja sama dengan Gifu University pada program doktoral double degree," ungkap dia.
 
Kegiatan dihadiri 70 delegasi universitas Jepang dan 82 universitas dari Indonesia. Delegasi UNS diketuai Rektor Jamal Wiwoho dengan anggota Wakil Rektor 1, Ahmad Yunus; Direktur Pascasarjana, Sutarno; dan Wakil kepala UPT layanan internasional UNS, Murni Ramli.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif