NEWSTICKER
Ilustrasi. Medcom.
Ilustrasi. Medcom.

Pasien Korona Kategori Ringan Disarankan Dikarantina di Rumah

Nasional Virus Korona
Sri Yanti Nainggolan • 24 Maret 2020 16:58
Jakarta: Pemerintah mengungkapkan hampir 80 persen kasus pasien positif virus korona (covid-19) memiliki gejala kategori ringan hingga sedang. Pasien golongan ini nantinya disarankan melakukan karantina perseorangan (self isolation).
 
"Dengan melakukan isolasi diri sudah cukup bagus dan efektif. Ini yang akan kami dorong agar tidak semua kasus positif menjadi beban layanan RS (rumah sakit)," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus korona, Achmad Yurianto, dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa, 24 Maret 2020.
 
Menurut Yurianto, karantina perseorangan dimungkinkan mengacu Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina. Regulasi itu mengatur karantina perseorangan jadi tahapan pertama dalam penanganan penyakit menular.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Pasien Positif Korona 686 orang, 55 Meninggal
 
Yuri mengatakan rumah sakit (RS) darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, bakal difungsikan untuk mengurangi beban rumah sakit rujukan pasien positif korona. Rumah sakit rujukan hanya untuk pasien yang memerlukan monitoring intensif. Contohnya, pasien memiliki gejala sedang atau ada komorbid, istilah yang biasa digunakan untuk pasien yang memiliki penyakit penyerta.
 
"RS Wisma Atlet sebagai barrier (pembatas) awal untuk mengurangi beban RS rujukan," ujar dia.
 
RS rujukan seperti RSPI Sulianti Saroso atau RSUP Persahabatan bisa memberikan layanan intensif pada kasus korona dengan gejala sedang hingga berat.
 
Jumlah pasien positif korona di Indonesia melonjak. Ada penambahan 107 kasus positif korona per pukul 12.00 WIB, Selasa, 24 Maret 2020. Total kasus positif korona di Indonesia mencapai 686 kasus. Pasien sembuh 30 orang dan 55 orang meninggal.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif