Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Salat Jumat Wajib di Daerah yang Sukses Kendalikan Korona

Nasional Virus Korona virus corona
Anggi Tondi Martaon • 28 Mei 2020 11:32
Jakarta: Majelis Ulama Indonesia (MUI) mewajibkan salat Jumat di daerah yang berhasil menangani penyebaran korona (covid-19). Tak ada lagi halangan berjemaah, sesuai kaidah syariat Islam atau udzur syar'i.
 
"Berdasarkan kondisi faktual yang dijelaskan ahli yang kompeten dan kredibel, umat Islam yang berada di kawasan yang sudah terkendali wajib melaksanakan salat Jumat," kata Sekretaris Komisi Fatwa MUI Asrorun Niam Sholeh di Jakarta, Kamis, 28 Mei 2020.
 
Menurut dia, ada 110 kabupaten/kota dengan kasus korona nihil. Daerah tersebut meliputi 87 wilayah daratan dan 23 wilayah kepulauan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Tempat Ibadah di Kota Bekasi Dibuka Kembali Pekan Ini
 
Berdasarkan Fatwa MUI Nomor 14 Tahun 2020, ibadah lain bisa dilakukan berjemaah dengan menerapkan protokol kesehatan. Seperti salat lima waktu, tarawih, dan Idulfitri.
 
"Serta menghadiri pengajian umum dan majelis taklim dengan tetap menjaga diri agar tidak terpapar covid-19," ungkap dia.
 
Niam mengingatkan umat Islam tetap memperhatikan protokol pencegahan penyebaran korona melaksanakan ibadah di masjid. Seperti berperilaku hidup bersih dan sehat, membawa sajadah sendiri dan lain sebagainya.
 
Dalam konteks kenormalan baru, Akademisi UIN Jakarta ini menyampaikan beberapa kondisi yang bisa diadaptasi saat beribadah. Namun, hanya sementara.
 
"Seperti jaga jarak saat ibadah. Ada yang balik ke lama seperti tata cara pelaksanaan kewajiban ibadah mahdlah", ujar dia.
 
Kasus penularan korona di beberapa provinsi terus menurun. Secara garis besar, sejumlah provinsi itu tidak lagi mengalami penambahan kasus secara signifikan.
 
"Artinya, pada daerah-daerah ini sudah mulai terkendali dan sudah boleh melakukan relaksasi pada beberapa peraturan tanpa meninggalkan aspek protokol kesehatan," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan covid-19 Achmad Yurianto dalam telekonferensi di Gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Rabu, 27 Mei 2020.
 
Laporan harian covid-19 dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menunjukkan beberapa provinsi tidak mengalami penambahan jumlah kasus dari hari sebelumnya. Di antaranya Aceh, Bengkulu, Jambi, Sulawesi Tengah, Riau, Papua Barat, dan Nusa Tenggara Timur.
 

(ADN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif