Karyawan Minimarket Gondol Duit Toko Rp45 Juta

Muhammad Al Hasan 05 November 2018 12:55 WIB
pencurian
Karyawan <i>Minimarket</i> Gondol Duit Toko Rp45 Juta
Pencurian. Ilustrasi: Medcom.id.
Jakarta: Iwan Kurniawan, 32, karyawan Indomaret, dan Sofyanto Usman, 37, supir, dibekuk polisi setelah melarikan uang toko sebesar Rp45 juta. Pelaku diringkus petugas, Jumat, 2 November 2018 di Jalan Prof Dr Latumenten, Jembatan Besi, Tambora, Jakarta Barat.

"Kasus curas (pencurian dengan kekerasan) Pasal 365 KUHP mobil boks Hino Indomart yang membawa uang kurang lebih Rp45 juta (diungkap)," kata Kepala Unit Reskrim Polsek Tambora AKP Supriyatin dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Senin, 5 November 2018.

Menurut dia, peristiwa bermula pada Jumat pukul 05.30 WIB, saat Polsek Tambora menerima laporan dari Iwan tentang kasus perampasan mobil Hino milik Indomaret. Mobil itu membawa uang tunai hasil penjualan di Indomaret Jelambar sekira Rp45.903.675. 


Iwan mengaku perampasan itu melibatkan penggunaan senjata api. Tim Buser yang dipimpin AKP Supriyatin dan Panit Iptu Eko Agus lalu bergegas menyelidiki kasus ini dengan berkoordinasi dengan Jasa Marga dan Patroli Jalan Raya (PJR).

Sekira pukul 07.30 WIB, polisi mendapat informasi mobil boks Hino hijau bernomor polisi B 9421 CR ditemukan PJR Tol Sudiyatmo KM 18. Tim langsung mengambil barang bukti dan menjalankan prarekonstruksi.

Hasil prarekonstruksi menemukan beberapa kejanggalan di keterangan Iwan sebagai korban dengan kondisi di lapangan. Penyelidikan lebih intensif kemudian dilakukan kepada Iwan.

"Hingga akhirnya pada pukul 22.30 WIB korban mengakui bahwa semua laporan atau cerita yang dibuat adalah bohong. Korban mengaku dalam melakukan aksinya ia dibantu oleh Sofyanto Usman sang supir," kata Supriyatin.

Iwan bersama Usman mengaku bersekongkol mengambil uang dengan merusak gembok. Gembok, brankas, dan kunci roda kemudian dibuang di pinggir kali daerah Pantai Indah Kapuk (PIK), Penjaringan, Jakarta Utara. 

Baca: Coba Curi Piagam Magna Carta, Pria Ditangkap

Uang kemudian disimpan Sofyanto. Mobil sengaja ditinggalkan di pinggir Tol Sudiyatmo. Sementara itu, untuk menguatkan laporannya, korban sengaja melukai badannya dengan berpura-pura merobek baju. 

"Kemudian membuat laporan ke Polsek Cengkareng namun ditolak. Kemudian ke Polsek Penjaringan kemudian ditolak juga karena TKP (tempat kejadian perkara) bukan di wilayah tersebut namun di wilayah hukum Polsek Tambora. Yang selanjutnya korban membuat laporan di Polsek Tambora," jelas Supriyatin.

Dalam kasus ini, petugas mengamankan barang bukti satu mobil boks Hino, dan uang tunai Rp43,5 juta. Kedua pelaku kini ditangani Polsek Tambora, Jakarta Barat.





(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id