KNKT: Lion Air PK-LQP Jatuh Keras ke Laut

Fachri Audhia Hafiez 05 November 2018 11:26 WIB
Lion Air Jatuh
KNKT: Lion Air PK-LQP Jatuh Keras ke Laut
Penjelasan pemerintah terkait evakuasi Lion PK-LQP kepada penumpang. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.
Jakarta: Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono mengungkapkan Lion Air register PK-LQP jatuh cukup keras ke perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat. Ini terlihat dari hilangnya mesin pesawat. 

"Pesawat dengan kecepatan tinggi menandakan energi yang dilepas luar biasa," kata Soerjanto saat menjelaskan proses evakuasi kepada keluarga penumpang di Hotel Ibis, Cawang, Jakarta Timur, Senin, 5 November 2018.

Soerjanto menyebut turbin dan compressor impact pada mesin pesawat hilang. Ini menandakan pesawat terjatuh dengan kecepatan tinggi ke dalam air. 


Tim evakuasi berhasil menemukan satu bagian mesin. Namun, Soerjanto belum bisa memastikan mesin bagian mana yang ditemukan.

(Baca juga: Tujuh Korban Kecelakaan Lion Air Kembali Teridentifikasi)

"Temuan dari mesin kedua, mesin dalam keadaan hidup. Dan dengan RPM tinggi kita mengatakan ini tanda mesin berputar cukup tinggi di air. Begitu juga yang kita temukan tidak tahu kiri atau kanan, kami belum mengindentifikasi sejauh itu," papar dia.

Tim Komando Pasukan Katak TNI Angkatan Laut telah menemukan benda yang diduga mesin pesawat Lion Air nomor penerbangan JT 610, Jumat, 2 November 2018. Benda tersebut dibawa ke Posko Taktis Pelabuhan Jakarta International Container Terminal (JICT) II Tanjung Priok.

Pesawat rute Jakarta-Tanjung Pinang ini hilang kontak pada Senin, 29 Oktober 2018. Pesawat diduga jatuh pada ketinggian 2.500-3.000 kaki. 





(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id