Ilustrasi Pintu Air karet--MI/Immanuel Antonius
Ilustrasi Pintu Air karet--MI/Immanuel Antonius

Pintu Air Karet Siaga 1

Nasional banjir jakarta dki jakarta
Annisa ayu artanti • 01 Januari 2020 06:55
Jakarta: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta mengumumkan Pintu Air Karet sudah berada di level Siaga 1.
 
Berdasarkan informasi BPBD tinggi muka air di Pintu Air Karet terus mengalami kenaikan. Apalagi setelah wilayah DKI Jakarta diguyur hujan deras pada malam tahun baru hingga Rabu pagi, 1 Januari 2020.
 
BPBD DKI Jakarta menyatakan, pada pukul 02.00 WIB tinggi muka air di Pintu Air Karet berada di posisi 330 cm. Saat itu BPBD mengumumkan Pintu Air Karet berada di level siaga 4.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selang tiga jam setelah itu, level ketinggian Pintu Air Karet terus bertambah yaitu pada pukul 03.00 WIB menjadi Siaga 3 dengan ketinggian 480 cm, kemudian pada pukul 04.00 WIB menjadi Siaga 2 dengan ketinggian 560 cm, dan pada pukul 05.00 WIB menjadi Siaga 1 dengan level ketinggian 660 cm.
 
Atas kondisi tersebut BPBD memperingatkan beberapa wilayah yang akan berpotensi terdampak banjir jika air meluap, seperti Grogol, Jati Pulo, Kalianyar, Karet Tengsin, Kota Bambu Selatan, Kota Bambu Utara, Petamburan, dan Tomang.
 
Selain di Pintu Air Karet, peningkatan debit air juga terjadi di beberapa pintu air lainnya. Yang paling signifikan adalah Pintu Air Manggarai dan Pintu Air Pulo Gadung. Keduanya sudah masuk level Siaga 2.
 
Di Manggarai, tinggi muka air naik 55 cm dari 860 cm menjadi 915 cm, sementara di Pulo Gadung tinggi muka air naik 20 cm dari 710 cm menjadi 730 cm.
 
BPBD DKI Jakarta juga mengimbau lurah dan warga yang tinggal di sekitaran bantaran sungai Ciliwung, Kali Cideng Bawah, Kali Krukut Bawah dan Kali Sunter, untuk waspada potensi banjir.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif