Direktur IDEAS Yusuf Wibisono pada diskusi 'Tanah Untuk Rakyat, Utopis Reformasi Agraria' di Jakarta, Selasa, 15 Oktober 2019. Foto: Medcom.id
Direktur IDEAS Yusuf Wibisono pada diskusi 'Tanah Untuk Rakyat, Utopis Reformasi Agraria' di Jakarta, Selasa, 15 Oktober 2019. Foto: Medcom.id

RUU Pertanahan Belum Berpihak kepada Rakyat

Nasional pertanahan
Zakaria Habib • 16 Oktober 2019 06:27
Jakarta:Revisi Undang-Undang Pertanahan dianggap tak berpihak pada masyarakat. Direktur IDEAS Yusuf Wibisono mengatakan RUU tersebut hanya menguntungkan bisnis korporasi.
 
"RUU ini syarat ketentuan yang menguntungkan bisnis di atas hak rakyat seperti pengingkaran terhadap hak ulayat masyarakat, kriminalisasi bagi rakyat yang mempertahankan tanahnya dari penggusuran," kata Yusuf pada diskusi 'Tanah Untuk Rakyat, Utopis Reformasi Agraria' di Jakarta, Selasa, 15 Oktober 2019.
 
RUU tersebut hanya membahas akuisisi lahan skala besar korporasi dan masa berlaku hak guna usaha mencapai 90 tahun. RUU memfasilitasi imunitas bagi perusahaan yang pernah melanggar ketentuan HGU, mengizinkan kepemilikan asing atas rumah susun, hingga pendirian bank tanah yang akan menjadikan tanah sekedar komoditas pasar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Seharusnya, lanjut dia, RUU tersebut melengkapi UU Pokok agraria 1960 yang memiliki prinsip hak milik individu. Ia menilai, dengan prinsip yang ada sekarang, penggunaan hak atas tanah merugikan masyarakat.
 
"Dengan setiap penggunaan tanah di bebani kepentingan umum, maka politik agraria harus mengedepankan asas produktivitas tanah, kelestarian tanah dan kepemilikan tanah yang merata," tukas Yusuf.
 
Kebijakan pertanahan mestinya mewujudkan reformasi agraria yang spiritnya menjamin kesejahjteraan rakyat. "Sekarang nyaris tidak ada upaya yang serius dan signifikan. Sekarang semakin masif dari swasta untuk menguasai lahan besar besaran terutama sawit dan batubara," demikian Yusuf.
 

(NUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif