Malang Diguncang Gempa 5,8 SR
Ilustrasi--Medcom.id
Jakarta: Gempa berkekuatan 5,8 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Malang, Jawa Timur. Gempa terjadi Kamis, 19 Juli 2018, pada pukul 19.23 WIB.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa berpusat di 9,69 Lintang Selatan (LS) dan 112,80 Bujur Timur (BT).

Wilayah gempa berjarak 161 kilometer di Tenggara Kabupaten Malang, Jawa Timur. Gempa laut ini berkedalaman 10 kilometer. Gempa tidak berpotensi tsunami. Hingga berita ini diturunkan, belum ada laporan korban jiwa atau kerugian materiel.


Baca: Sepanjang 2017, Jatim Diguncang 557 Gempa

Sekadar diketahui, sepanjang tahun 2017, Jawa Timur diguncang 557 gempa. Delapan di antaranya dirasakan dan berdampak pada masyarakat Jatim.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Karangkates Malang, Musripan SE, mengatakan jumlah tersebut lebih sedikit ketimbang tahun 2016, yaitu 566 kali. Pada 2016, gempa yang berdampak pada masyarakat sebanyak 15 kali.

Menurut Musripan, pembangkit gempa bumi ditinjau dari kedalaman hiposenternya rata-rata gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lempeng, yakni dalam hal ini sesar atau lempeng Indo Australia menyusup ke bawah lempeng Eurasia dan terjadi deformasi batuan hingga memicu terjadinya gempa bumi.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id