Suasan swab test BIN yang digelar di Media Group. MI/Andri Widiyanto
Suasan swab test BIN yang digelar di Media Group. MI/Andri Widiyanto

Swab Test BIN Beri Ketenangan Karyawan Media Group

Nasional Virus Korona media group pandemi covid-19
Kautsar Widya Prabowo • 17 September 2020 14:16
Jakarta: Langkah Badan Intelijen Negara (BIN) yang menggelar swab test atau tes usap covid-19 terhadap kurang lebih 700 karyawan Media Group disambut baik. Kegiatan ini dinilai sangat bermanfaat untuk memberikan kepastian informasi penyebaran covid-19 di lingkungan kantor.
 
"Kita jadi tahu berapa banyak orang di sekitar kita yang terpapar virus covid-19," ujar HR Development Media Group, Ismu Wardhani, kepada Medcom.id di Kompleks Media Group, Jakarta Barat, Kamis, 17 September 2020.
 
Perempuan yang akrab disapa Munik ini mengaku khawatir dengan adanya karyawan berstatus orang tanpa gejala (OTG) bebas beraktivitas di lingkungan kantor. Tanpa disadari yang bersangkutan berpotensi menyebarkan virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, Tiongkok, tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"OTG harus diwaspadai karena mereka enggak tahu tengah membawa virus. Apalagi mereka bisa berinteraksi dengan orang lain," kata dia.
 
Selain itu, kata dia, sejumlah karyawan Media Group masuk kategori rentan terpapar covid-19. Hal itu dialami oleh reporter dari Metro TV, Medcom.id, dan Media Indonesia yang bekerja mencari berita di tempat umum.
 
"Dengan adanya swab paling tidak (reporter) lebih tenang. Mudah-mudahan hasilnya baik dan bekerja pun lebih nyaman," kata dia.
 
Baca: 700 Karyawan Media Group Jalani Swab Test dari BIN
 
Ke depan, tidak menutup kemungkinan swab test kembali dilakukan. Media Group mengikuti instruksi Peraturan Gubernur Nomor 88 Tahun 2020 terkait pembatasan sosial berskala besar (PSBB) jilid II dengan membatasi jumlah karyawan yang bekerja di kantor.
 
"Kita sudah menerapkan jumlah karyawan di kantor semakin sedikit, otomatis mereka harus lebih save di rumah," ucapnya.
 
Swab test ini digelar selama dua hari, Rabu, 16 September 2020 dan Kamis, 17 September 2020. Sebanyak 350 karyawan mengikuti tes di hari pertama.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif