Ilustrasi patroli di perairan/Antara/Akbar Nugroho Gumay
Ilustrasi patroli di perairan/Antara/Akbar Nugroho Gumay

TNI Jaga 'Jalur Tikus' Cegah Penyebaran Korona

Nasional Virus Korona virus corona
Antara • 09 April 2020 06:29
Jakarta: TNI AL meningkatkan patroli di 'jalur tikus' perbatasan Indonesia-Malaysia yang kerap digunakan tenaga kerja Indonesia (TKI) ilegal. Jalur tidak resmi itu akan diawasi untuk mengantisipasi penyebaran korona (covid-19).
 
"Jalur tikus yang biasa digunakan oleh penyeludup saat ini, banyak dimanfaatkan menjadi jalur kedatangan tenaga kerja Indonesia (TKI) yang tidak dilengkapi dokumen resmi," ujar Komandan Utama TNI AL (Danlantamal) I Belawan Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid K seperti dikutip dari Antara, Kamis, 9 April 2020.
 
Baca:Ratusan TKI Diprediksi Pulang Kampung ke Sulsel

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain jalur tikus, TNI juga mengintensifkan kembali patroli di perairan perbatasan. Patroli itu akan menjadi konsentrasi TNI di tengah pandemi covid-19.
 
"Dengan cara deteksi dini terhadap TKI yang baru kembali dari luar negeri melalui jalur resmi dan tidak resmi," ujarnya.
 
Dengan demikian, diharapkan seluruh TKI yang pulang dari Malaysia dapat diawasi. Jika terindikasi covid-19, maka bisa ditangani dengan cepat sesuai prosedur.
 
Personel Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tanjung Balai Asahan yang tergabung dalam Satgas covid-19 menangkap 36 TKI ilegal dari Malaysia. Mereka masuk ke Indonesia melalui perairan Sungai Nipah, Kecamatan Kualuh Ledong, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Rabu, 8 April 2020.
 

(ADN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif