NEWSTICKER
Penumpang berdesakan di dalam kereta di Stasiun Sudimara, Tangerang Selatan, Banten, Senin, 23 Maret 2020. Foto: MI/Susanto
Penumpang berdesakan di dalam kereta di Stasiun Sudimara, Tangerang Selatan, Banten, Senin, 23 Maret 2020. Foto: MI/Susanto

Jadwal Operasional KRL Kembali Normal Sore Nanti

Nasional Virus Korona
Theofilus Ifan Sucipto • 23 Maret 2020 12:01
Jakarta: PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengevaluasi penyesuaian jadwal operasional kereta rel listrik (KRL). Jam operasional KRL sempat dipangkas hanya pukul 06.00-20.00 WIB dengan 713 perjalanan mulai Senin, 23 Maret 2020.
 
"Jadwal KRL akan kembali normal mulai sore ini pukul 15.00 WIB dan berlanjut normal hingga seterusnya," kata Vice President Corporate Communications PT KCI Anne Purba saat dikonfirmasi, Senin, 23 Maret 2020.
 
Dengan begitu, KRL kembali beroperasi mulai pukul 04.00 hingga 24.00 WIB. Kebijakan ini berlaku untuk seluruh 80 stasiun dan seluruh rute KRL.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski telah beroperasi normal, Anne tetap mengimbau masyarakat sebisa mungkin bekerja dari rumah. Dia berharap masyarakat menggunakan KRL hanya untuk kepentingan mendesak demi mencegah penularan virus korona (covid-19).
 
Menurut dia, sejauh ini masyarakat sudah mulai mengurangi penggunaan KRL. Penumpang KRL menurun hingga 60 persen dari rata-rata satu juta pengguna menjadi hanya 400 ribu pengguna setiap hari.
 
"Berbagai kebijakan ini tentu perlu juga mendapat dukungan dari para pengguna KRL untuk bersama-sama menerapkan jaga jarak serta gaya hidup bersih dan sehat," tutur Anne.
 
PT KCI sejatinya menyesuaikan jam operasional demi menyokong imbauan jaga jarak sosial (social distancing). Langkah ini dipakai pemerintah dalam mencegah penularan virus korona di tengah masyarakat.
 
Baca: Ironi Social Distancing di Gerbong KRL
 
Namun, kebijakan ini tak serta merta membuat KRL sepi. Moda transportasi andalan warga untuk mobilitas di DKI Jakarta dan sekitarnya tetap penuh. Imbauan pemerintah agar masyarakat saling menjaga jarak juga sulit dilakukan.
 
Hal ini terlihat dari kicauan warganet dalam akun media sosial Twitter @CommuterLine milik PT KCI. Beberapa pengguna KRL mengunggah foto kondisi di stasiun yang penuh sesak.
 
Seorang penumpang, Risma Anzani, mengirimkan foto kondisi Stasiun Bogor, Jawa Barat, yang dipenuhi pengguna KRL yang hendak pergi bekerja. Tampak tak ada jarak yang memisahkan para penumpang.
 
"Begitu terlihat menghambat sih ini ya. Menghambat pekerjaan orang," kata Risma dalam akun @Tiramissyou21.
 
Jadwal Operasional KRL Kembali Normal Sore Nanti
Tangkapan layar Twitter
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif