Ilustrasi korona. Medcom.id
Ilustrasi korona. Medcom.id

Keselamatan Relawan Tim Gugus Tugas Covid-19 Dijamin

Nasional Virus Korona
Candra Yuri Nuralam • 20 Mei 2020 11:19
Jakarta: Relawan medis maupun non medis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 dijamin keselamatannya selama bertugas. Hingga kini, belum ada relawan terpapar virus korona (covid-19).
 
"Jangan sampai ada yang terkena," kata Koordinator Tim Relawan Gugus Tugas Covid-19 Andre Rahadian di Gedung Graha BNPB, Jakarta Timur, Rabu, 20 Mei 2020.
 
Andre mengungkapkan para relawan diberikan pelatihan sebelum ditugaskan ke lapangan. Hal itu perlu dilakukan agar para relawan berhati-hati.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pelatihan dan perlindungan yang diberikan ke relawan yang bergerak diutamakan, ini perlu agar relawan tidak menjadi penjangkit atau korban virus tersebut," ujar Andre.
 
Dia menuturkan pelatihan relawan medis dan relawan non-medis berbeda. Relawan non-medis hanya dilatih untuk mengedukasi masyarakat terkait virus korona dan pengumpulan data di lapangan.
 
"Hal ini harus dilakukan agar mereka mengetahui update terkahir dan persepsi yang sama saat mereka (relawan non medis) bekerja," tutur Andre.
 
Pihaknya menargetkan relawan non-medis ada di setiap rukun tetangga (RT). Dia menyebut edukasi kepada masyarakat sangat diperlukan untuk memutus rantai penyebaran virus korona.
 
"Karena masyarakat garda terdepan dalam memutus covid-19 ini," ucap Andre.
 
Tercatat, relawan gugus tugas mencapai 30.098 orang. Rinciannya, 22.983 relawan non-medis dan 7.115 relawan medis.
 

(REN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif