Suasana demonstrasi berujung ricuh di depan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi. Medcom.id/Juven Martua Sitompul.
Suasana demonstrasi berujung ricuh di depan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi. Medcom.id/Juven Martua Sitompul.

Massa Bentrok Karena Dihalangi Bertemu Pimpinan KPK

Nasional kerusuhan
Juven Martua Sitompul • 13 September 2019 16:22
Jakarta: Aksi yang digelar sekelompok massa tergabung dalam Himpunan Aktivis Indonesia serta Aliansi Mahasiswa dan Pemuda Relawan NKRI di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berujung ricuh. Aksi dipicu karena massa tidak diizinkan bertemu pimpinan KPK.
 
Massa aksi meminta KPK menarik pernyataan pelanggaran etik Irjen Firli Bahuri. Apalagi, Firli telah ditetapkan sebagai Ketua KPK periode 2019-2023.
 
“Saut Situmorang dan WP KPK menarik kembali pernyataan Firli soal melanggar kode etik berat,” kata Koordinator aksi Asip Irama di depan Gedung KPK, Jumat, 13 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Massa juga mendesak Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dan WP KPK meminta maaf kepada Firli terkait tudingan pelanggaran kode etik tersebut. Internal Komisi Antikorupsi diminta mengevaluasi pegawainya.
 
“Kami meminta pimpinan mencopot Saut Situmorang atau segera mundur sebagai pimpinan KPK," ujar Asip.
 
Bentrokan terjadi ketika massa mencoba masuk ke dalam Gedung KPK. Massa ingin menemui pimpinan dan mencopot kain hitam yang menutup logo KPK. Tapi, upaya itu dihalangi polisi.
 
Sebelum rusuh, perwakilan aparat kepolisian sempat bernegosiasi dengan perwakilan pegawai KPK. Tetapi, pegawai menolak kain hitam dicopot dari logo KPK. Seorang perwakilan massa berhasil mencopot kain itu.
 
Massa juga tak terima salah satu peserta aksi ditangkap polisi. Peserta itu diduga sempat dipukul. Polisi mengamankan dua peserta aksi akibat kerusuhan ini. Pegawai KPK pun diamankan ke dalam gedung. Saat ini, massa sudah mulai tenang namun masih bertahan di depan Gedung KPK.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif