Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.
Ilustrasi. Medcom.id/Mohammad Rizal.

Kekerasan Anak di Sekolah Harus Dihentikan

Nasional kekerasan anak Kekerasan di Sekolah
Antara • 26 November 2019 11:04
Jakarta: Kekerasan pada anak di sekolah harus segera dihentikan. Anak harus mendapatkan rasa aman saat berada di sekolah.
 
"Indonesia Joining Force ingin mendorong berbagai pihak, termasuk media, untuk meningkatkan kesadaran terkait isu kekerasan pada anak, khususnya hukuman fisik di sekolah," kata Manajer Projek Indonesia Joining Force Laura Hukom melalui keterangan tertulis, Jakarta, Selasa, 26 November 2019.
 
Menurut Laura, lingkungan sekolah yang aman akan mendorong anak berpartisipasi dalam proses belajar. Lingkungan sekolah juga harus nyaman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hasil penelitian Indonesia Joining Force pada 2019, hanya 16,8 persen siswa yang menyatakan merasa aman di sekolah. Sisanya merasa tidak aman dan sangat tidak aman. Kekerasan pada anak kerap terjadi di toilet dan kantin sekolah.
 
Data International Centre for Research of Women dan Yayasan Plan International Indonesia juga menunjukkan 84 persen anak mengalami kekerasan fisik, emosi, atau seksual di sekolah. "Setiap satuan pendidikan seharusnya bisa menerapkan prosedur standar operasi untuk mencegah tindak kekerasan dengan mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 82 Tahun 2015," kata Laura.
 
Anggota Konvensi Hak Anak PBB Mikiko Otani mendorong pemerintah menjalankan kebijakan dan program yang efektif menjadikan sekolah sebagai tempat aman bagi anak.
 
Indonesia Joining Force merupakan gabungan dari Childfund International di Indonesia, Yayasan Plan International Indonesia, SOS Children's Villages Indonesia, Yayasan Sayangi Tunas Cilik, Yayasan PKPA bersama Federasi Internasional Terre des Hommes, dan Wahana Visi Indonesia. (ADI)
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif