Anggota Komisi I DPR Fraksi NasDem Willy Aditya. Medcom.id/Arga Sumantri
Anggota Komisi I DPR Fraksi NasDem Willy Aditya. Medcom.id/Arga Sumantri

Legislator NasDem Desak Penerbitan Larangan WN Tiongkok Masuk Indonesia

Nasional virus korona
Surya Perkasa • 27 Januari 2020 12:41
Jakarta: Anggota Komisi I DPR Willy Aditya mendesak pemerintah segera mengeluarkan larangan warga negara Tiongkok masuk Indonesia. Negara lain lebih cepat dari Indonesia mengantisipasi dan menangkal penyebaran virus korona.
 
"Tercatat tidak hanya Amerika Serikat dan Korea Selatan, bahkan Tiongkok sendiri melarang warga negaranya dari daerah terjangkit korona untuk keluar negeri," kata Willy kepada Medcom.id, Senin, 26 Januari 2020.
 
Pemerintah, kata Willy,perlu segera mempertimbangkansaran Ombudsmanyang bahkan meminta pemerintah mendata pekerja asal Tiongkok di Indonesia. Langkah antisipatif perlu diambil agar kemanan, kenyamanan, dan keselamatan warga Indonesia terlindungi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini sebenarnya legitimasi jika mau melarang sementara kedatangan WN Tiongkok ke Indonesia. Mau menunggu dulu pengumuman dari WHO berkenaan dengan ini pun boleh juga. Kami dukung,” ujarnya.
 
Politikus NasDem ini mengatakan penyebaran korona sudah menyentuh isu nonkesehatan. Respons Indonesia memang tak bisa dilihat hanya dari kacamata kesehatan. Karena ada potensi pariwisata dan proyek strategis yang berhubungan langsung dengan Tiongkok.
 
Namun, pertimbangan larangan keluar-masuk mengantisipasi penyebaran virus mematikan ini harus fokus pada ancaman kesehatan yang berpotensi dihadapi Indonesia. Dalam waktu bersamaan, pemerintah harus terus memantau WNI yang masih berada di Tiongkok, terutama Wuhan.
 
“Kita tidak bisa menggadaikan Isu kesehatan yang paling penting dan menukarnya dengan isu Pariwisata, Ekonomi dan lainnya. Pemerintah perlu fokus untuk melindungi WNI baik di dalam negeri," ujar Willy.
 

 

 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif