NEWSTICKER
Ilustrasi. Foto: MI/Pius Erlangga
Ilustrasi. Foto: MI/Pius Erlangga

Demonstrasi Buruh Kacaukan Rute Transjakarta

Nasional Demo Buruh
Candra Yuri Nuralam • 02 Oktober 2019 10:35
Jakarta: PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) akan mengalihkan sejumlah rute armadanya. Pengalihan ini dilakukan dampak dari adanya aksi demonstrasi para buruh di depan Gedung DPR/MPR, Jakarta.
 
Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta Nadia Diposanjoyo menjelaskan rute 1F dari Bundaran Senayan menuju Stasiun Palmerah, dan 1B dari Tosari menuju Stasiun Palmerah dialihkan. Beberapa halte tak akan dilintasi karena adanya penutupan jalan di sekitar Gedung Parlemen.
 
"Untuk sementara tidak melewati Halte Senayan JCC, DPR 1, dan DPR 2," kata Nadia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, 2 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nadia mengatakan bus dengan rute S41 dari Pondok Cabe menuju Tanah Abang juga mengalami pengalihan. Bus tidak akan lewat sepanjang Istora Senayan sampai Museum Tekstil.
 
"Namun untuk koridor 9 dari Pinang Ranti arah Pluit selepas Halte Semanggi, bus masih akan melewati tol keluar selepas Halte Slipi Petamburan. Dari arah Pluit arah Pinang Ranti normal," ujar Nadia.
 
Beberapa halte Transjakarta juga tidak bisa beroperasi hari ini, seperti Halte Senayan JCC, dan Slipi Petamburan arah Pluit.
 
Ditlantas Pola Metro Jaya menyiapkan 262 personel lalu lintas untuk mengatur para demonstran. Pengalihan arus lalu lintas juga sudah disiapkan tergantung dari kondisi di lapangan.
 
"Pertama dari Jalan Gatot Soebroto yang mengarah ke Slipi ditutup di bawah flyover Ladogi diarahkan belok kiri ke gerbang pemuda," kata Kasubdit Penegakan Hukum (Gakkum) Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir kepada Medcom.id.
 
Rencana pengalihan arus yang akan dilakukan dari Jalan Gerbang Pemuda yang arah ke kiri akan dialihkan ke Jalan Gatot Soebroto. Jalan akan ditutup dan diputar balik ke Gerbang Pemuda di kolongflyover Ladogi atau lurus ke Jalan Gatot Soebroto arah timur atau Bendungan Hilir.
 
"Lalu Jalan Gerbang Pemuda arah ke Asia Afrika dibelokan ke kiri ke Jalan Asia Afrika terus Jalan Senayan dan Jalan Pakubuwono," ujar Nasir.
 
Dari Jalan Asia Afrika ke barat bisa lurus ke Jalan Tentara Pelajar, Gatot Soebroto ke arah Jalan Gerbang Pemuda putar balik di bawah flyover Ladogi. Dari Jalan Tentara Pelajar arah Manggala Wanabakti di traffic light Palmerah diluruskan ke Permata Hijau dan Kebayoran Lama. Arah belok ke kiri akan ditutup.
 
"Terakhir Jalan Tentara Pelajar pojok Manggala Wanabakti akan ditutup, Jalan Gatot Soebroto juga akan ditutup untuk mencegah lawan arus dan putar balik kendaraan," ujar Nasir.
 
Sekitar 30.000 buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan menggelar unjuk rasa di depan Gedung DPR, Senayan, Jakarta. Mereka akan menyuarakan sejumlah isu buruh kepada wakil rakyat.
 
Ada tiga tuntutan utama yang akan disuarakan, yakni menolak revisi UU Ketenagakerjaan, kenaikan iuran BPJS Kesehatan, dan revisi Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015.
 
Massa buruh yang datang dari berbagai daerah akan berkumpul di Parkir Timur Senayan. Massa dari 10 provinsi baru mulai bergerak ke Gedung DPR/MPR sekitar pukul 10.00 WIB.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif