Presiden Jokowi menerima Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, di Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Jumat, 5 Oktober 2018. Foto: Setkab.go.id.
Presiden Jokowi menerima Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, di Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Jumat, 5 Oktober 2018. Foto: Setkab.go.id.

Jokowi Kenang Pesan Sutopo

Nasional obituari
Sonya Michaella • 07 Juli 2019 12:33
Jakarta: Presiden Joko Widodo berbelasungkawa atas kepergian Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho. Dia pun ingat betul dengan pesan yang sempat disampaikan Sutopoo.
 
"Kita kehilangan seorang yang hidupnya didedikasikan untuk orang banyak. Sebagaimana yang pernah ia sampaikan, 'Hidup itu bukan soal panjang pendeknya usia, tapi seberapa besar kita dapat membantu orang lain'," kata Jokowi di akun Twitternya @jokowi, Minggu, 7 Juli 2019.
 
Dalam unggahannya, Jokowi memasang foto saat mengundang Sutopo ke Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat, 5 Oktober 2018. Kala itu, Widodo mengundangnya untuk bertatap muka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepala Negara sedianya sering bertemu dengan Sutopo di lokasi bencana. Namun, Jokowi yang selama ini rutin mengunjungi daerah bencana baru mengetahui bila Sutopo tengah berjuangan melawan penyakit kanker paru-paru.
 
Jokowi pun menyediakan waktu untuk menjamu Sutopo di Istana. Dalam pertemuan sekitar 30 menit itu, Jokowi menyampaikan kekagumannya karena dalam 8 tahun ini, setiap ada bencana, Sutopo selalu tampil menginformasikan dengan cepat.
 
“Penjelasannya juga gamblang dan gampang diterima oleh masyarakat, dan informasi-informasi itu selalu disampaikan sehari tidak sekali, bisa dua kali, tiga kali, empat kali, lima kali sehingga informasi-informasi yang ada di lapangan itu selalu gamblang dan jelas,” ujar Jokowi.
 


 
Presiden juga menyempatkan untuk berfoto dan berjabat tangan dengan Sutopo, sesuatu yang sudah lama diimpikannya. Pertemuan dengan Jokowi pun menjadi kado manis bagi Sutopo di ulang tahunnya ke-49.
 
Baca: Gempa Jakarta Ubah Sikap Sutopo
 
Pria kelahiran Boyolali, Jawa Tengah (Jateng), 7 Oktober 1969 itu memang sudah mengagumi Jokowi sejak menjadi wali kota Solo, Jateng. Dia sudah beberapa kali mencoba berjabat tangan dengan Jokowi di lokasi bencana.
 
Kini Sutopo telah berpulang ke Sang Khalik. Pria kelahiran Boyolali, Jawa Tengah (Jateng), 7 Oktober 1969 itu mengembuskan napas terakhir pada Minggu, 7 Juli 2019, pukul 02.00 waktu Guangzhou, Tiongkok, dalam proses perawatan.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif