Ilustrasi--Medcom.id
Ilustrasi--Medcom.id

Dana Desa Diprioritaskan untuk Pengembangan Pariwisata

Nasional dana desa
Damar Iradat • 16 Agustus 2019 18:01
Jakarta: Dana desa sebesar Rp72 triliun yang akan digelontorkan pada 2020 akan diutamakan untuk pengembangan pariwisata. Dengan begitu, perekonomian di desa akan lebih baik.
 
"Mulai tahun ini dan tahun depan lebih banyak kepada pemberdayaan SDM dan ekonomi desa. Jadi BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) dan desa-desa wisata akan kita push," kata Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2019.
 
Menurut Eko, pariwisata merupakan pengembangan desa yang paling cepat. Sebab, pendapatan pariwisata lebih besar dari dana desa yang diterima.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengembangan pariwisata di desa juga banyak menciptakan lapangan pekerjaaan. Pemerintah akan mengantisipasi pengurangan tenaga kerja di pertanian karena modernisasi
 
Baca:Transfer ke Daerah dan Dana Desa Kurangi Ketimpangan di Pedesaan
 
Di sisi lain, dia menilai dana desa untuk pos kesehatan sudah lumayan baik. Selama empat tahun, pemerintah sudah membangun kurang lebih 300 ribu tempat mandi, cuci, kakus (MCK), 1 juta sarana air bersih, serta ribuan PAUD, dan posyandu.
 
"Itu kan bisa nurunin stunting dari 37,2 (persen) jadi 30,8 persen," ujar dia.
 
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan ada kenaikan dana desa pada 2020 menjadi Rp72 triliun. Hal itu disampaikan dalam pidato Nota Keuangan RAPBN 2020.
 
Menurut Jokowi, penggunaan dana desa akan ditingkatkan untuk pemberdayaan masyarakat dan pengembangan potensi ekonomi desa. Sehingga mempercepat peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat desa.
 
"Di samping itu, dana desa diharapkan dapat mendorong inovasi dan entrepreneur baru, sehingga produk-produk lokal yang dimiliki oleh setiap desa dapat dipasarkan secara nasional, bahkan global, melalui market place," kata Jokowi.

 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif