Ilustrasi gempa.
Ilustrasi gempa.

Warga Malut dan Sulut Diimbau Jauhi Pantai

Nasional tsunami
Nur Azizah • 07 Juli 2019 23:41
Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberi peringatan dini tsunami untuk wilayah Maluku Utara (Malut) dan Sulawesi Utara (Sulut). Warga pun dimintai tak panik.
 
Kepala BMKG Ternate Kustoro Hadiatmoko meminta warga untuk menjauhi pesisir. Warga disarankan pergi ke tempat yang lebih tinggi.
 
"Arahan BMKG jauhi pantai dan jangan panik," Kustoro dalam program Breaking News Metro TV, Minggu, 7 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hingga kini personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah Ternate masih menenangkan warga. Gempa berkekuatan 7 skala richter (SR) mengguncang Ternate, Maluku Utara.
 
Pusat gempa berada di darat 133 kilometer (km) Barat Daya Ternate. Gempa sempat terasa selama tiga hingga empat menit.
 
"Data yang kami dapatkan gempa dirasakan 3 hingga 4 menit di Ternate," ucap dia.
 
BMKG memberi peringatan dini tsunami untuk wilayah Maluku Utara (Malut) dan Sulawesi Utara (Sulut). Peringatan tsunami ini menyusul gempa yang mengguncang Ternate, Malut.
 
Berdasrakan data permodelan BMKG, wilayah Sulut yang berpotensi tsunami ialah Kota Bitung dengan status siaga. Lalu, Bolaang Mongodow bagian selatan, Minahasa Utara bagian selatan, Minahasa Selatan bagian selatan, dan Minahasa bagian Selatan dengan status waspada.
 
Sementara wilayah Malut yang berpotensi tsunami Halmahera dengan status waspada. Lalu Tidore dan Ternate juga berstatus waspada.
 
Gempa berkekuatan 7 skala richter (SR) mengguncang Ternate, Maluku Utara. Pusat gempa berada di darat 133 kilometer (km) Barat Daya Ternate
 

 

(NUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif