Ilustrasi penghitungan suara Pemilu Legislatif 2014--Antara/Embong Salampessy
Ilustrasi penghitungan suara Pemilu Legislatif 2014--Antara/Embong Salampessy

Caleg PAN Mengamuk Protes Penghitungan Suara

Nasional kecurangan pemilu
Jamin Marudut Damanik • 16 April 2014 12:58
medcom.id, Asahan: Seorang wanita calon anggota legislatif dari Partai Amanat Nasional mengamuk dan nyaris membuat kericuhan saat proses penghitungan suara di tingkat kecamatan sedang berlangsung.
 
Nilawati, kader Partai Amanat Nasional Kabupaten Asahan ini mengamuk dan nyaris membuat kericuhan di kantor camat kisaran timur Asahan, Sumatera Utara, saat penghitungan suara sedang berlangsung.
 
Nilawati bahkan mengancam akan membuat suasana tidak kondusif bila penghitungan tetap dilakukan. Sebelumnya Nilawati dan beberapa perwakilan partai lainnya melakukan protes atas penghitungan suara yang dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan setempat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mereka meminta PPK untuk tidak melanjutkan penghitungan suara karena diduga suaranya hilang saat rekapitulasi dan meminta PPK segera membuka formulir C1 plano untuk mengetahui perolehan suara yang sebenarnya.
 
Namun pihak PPK tidak menghiraukan permintaan Nilawati dan sejumlah caleg lainnya, mereka tetap melakukan penghitungan suara di bawah pengamanan ketat sejumlah personel Kepolisian Resor Asahan.
 
Nilawati mengatakan angka-angka perolehan suaranya berubah di tingkat TPS sesuai laporan saksi-saksinya yang berada di TPS. Tak hanya memprotes pihak PPK, Nilawati juga memprotes seorang caleg Partai Amanat Nasional Sri Irwati yang disebut-sebut anak Wakil Ketua PAN Asahan yang suaranya telah digelembungkan.
 
Sejumlah caleg dan pengurus PAN Kabupaten Asahan mengancam akan keluar dari partai pimpinan Hatta Rajasa ini. Aksi rusuh caleg tersebut dapat reda setelah beberapa pengurus PAN dengan susah payah membujuknya untuk menenangkan diri.
 
dari asahan/ sumatra utara/ jamin damanik/mtv
 

 

(LAL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif