Ilustrasi covid-19/Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi covid-19/Medcom.id/M Rizal

Vaksinasi Hingga Antisipasi Klaster Kunci Cegah Gelombang Ketiga Covid-19

Nasional Luhut Pandjaitan covid-19 Obat Covid-19 PTM Terbatas Gelombang Baru Covid-19 gelombang ketiga covid-19 Gelombang 3 covid-19
Theofilus Ifan Sucipto • 18 Oktober 2021 20:30
Jakarta: Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Pulau Jawa dan Bali Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan lima strategi mengantisipasi gelombang ketiga covid-19. Jurus itu merupakan tindak lanjut perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengantisipasi gelombang 3 covid-19.
 
“Pertama, kita bertumpu pada vaksinasi,” kata Luhut dalam telekonferensi, Senin, 18 Oktober 2021.

Lima jurus cegah gelombang ketiga covid-19:

  1. Memaksimalkan vaksinasi hingga ke pelosok
  2. Memasifkan penggunaan PeduliLindungi
  3. Memproduksi obat covid-19
  4. Mengajak masyarakat bahu-membahu menjaga pengendalian pandemi
  5. Mengantisipasi klaster covid-19 dari PTM di sekolah
Luhut menyebut Jokowi memerintahkan para vaksinator dikerahkan ke wilayah yang capaian vaksinasinya masih rendah. Contohnya Kabupaten Bogor dan Tangerang.
 
Baca: Jokowi Wanti-wanti Ancaman Gelombang 3 Covid-19

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Strategi kedua, yakni memasifkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi itu memudahkan pelacakan sehingga penularan covid-19 tidak kadung meluas.
 
“Ketiga, obat-obatan yang lusa (Rabu, 20 Oktober 2021) kita bertemu mereka (Merck, produsen obat Molnupiravir),” papar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi itu.
 
Luhut menyebut penjajakan itu juga bermaksud menarik Merck berinvestasi di Indonesia. Supaya Indonesia juga bisa memproduksi obat covid-19. “Dari yang kita lihat, peluang itu sangat ada,” ujar dia.
 
Strategi keempat, yakni mengajak masyarakat bahu-membahu menjaga situasi pandemi terkendali. Jangan sampai Indonesia kembali mengalami gelombang covid-19 seperti pada Juli 2021.
 
Jurus terakhir ialah mengantisipasi klaster dari pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah. Luhut berkaca dari Israel yang mengalami lonjakan kasus covid-19 akibat penularan di sekolah.
 
“Anak-anak yang belum divaksin jangan sampai tertular. Langkah-langkah menyeluruh kita lakukan,” ucap dia.
 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mewanti-wanti ancaman gelombang ketiga covid-19 selama libur Natal dan tahun baru (nataru). Strategi pencegahan mesti digarap sejak dini.
 
“Presiden menekankan semuanya agar betul-betul hati-hati dan menyiapkan seluruh langkah mitigasi,” kata Luhut.
 
Luhut menyebut potensi gelombang ketiga muncul bila mobilitas masyarakat tinggi. Kemudian turunnya efek imunitas pascavaksinasi.

 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif