Ilustrasi Pinjol Foto: Medcom.id.
Ilustrasi Pinjol Foto: Medcom.id.

Niat Melanjutkan Studi, Guru TK Ini Malah Terjebak Pinjol Sampai Nyaris Bunuh Diri

Nasional Guru Honorer Pinjaman Online pinjaman uang online
Muhammad Syahrul Ramadhan • 18 Mei 2021 18:46
Jakarta: Cerita miris kembali terjadi gara-gara terlilit pinjaman online (pinjol). Kali ini seorang guru TK  berinisial ML nyaris bunuh diri akibat stres diteror debt collector (dc) karena gagal bayar utang onlinenya.
 
ML menuturkan niatnya mengajukan pinjaman online untuk biaya kuliah jenjang S1. Sebab, lembaganya mengajar mensyaratkan pengajar mesti bergelar Sarjana (S1), sedangkan ia hanya lulusan D2.
 
Sial bagi ML, niatnya untuk melanjutkan studi ini justru membuatnya terjebak pinjol. Ini bermula saat dirinya mengajukan pinjaman online Rp2,5 juta ke beberapa aplikasi pinjol.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pasalnya, semua aplikator hanya membatasi Rp600.000 di awal pinjaman. Namun, ML tidak menyangka, semua pinjaman ternyata jatuh tempo pelunasan semua pinjaman itu hanya tujuh hari.
 
Di hari kelima pinjaman, ML mulai merasakan pengalaman horor pinjol. Ia diteror habis-habisan oleh dc atau penagih hutang.
 
Bahkan, seperti pada kasus-kasus pinjol lainnya, kerabat terdekat sampai semua kontak yang ada di ponselnya ikut mendapatkan teror. Lewat teror itu, ML dipermalukan.
 
Ironisnya, pinjaman Rp2,5 juta tersebut kini menjadi hampir Rp40 juta. Padahal, masa pinjaman baru berjalan selama enam bulan. Kondisi inilah yang membuatnya sedih dan putus asa.
 
"Saya tidak menyangka bakal seperti ini. Dulu saya pinjam uang karena diminta sekolah untuk melanjutkan kuliah. Malah sekarang saya dikeluarkan. Saya juga tak tahan dengan teror ini," katanya dikutip dari Clicks.id, Selasa, 18 Mei 2021.
 
Bahkan, ML juga nyaris bunuh diri. Sebab, tidak sanggup lagi menghadapi teror dari para penagih hutang yang terus mengirim pesan ancaman menyebar hutangnya ke seluruh kontak hingga ancaman pembunuhan.
 
 Kini, ML dibantu beberapa sahabat dan seorang kuasa hukum yang merupakan wali murid dari siswa TK-nya untuk berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Harapannya ada solusi terkait pinjaman online yang melilitnya.
 
 
 
(ACF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif