Ilustrasi TVRI. ANT/Dhoni Setiawan
Ilustrasi TVRI. ANT/Dhoni Setiawan

LPP TVRI Kembali Raih Opini WTP dari BPK

Nasional media sosial BPK tvri
Whisnu Mardiansyah • 14 Juli 2021 22:38
Jakarta: Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk laporan keuangan 2020. Ini tahun ketiga beruntun predikat WTP. 
 
"Opini WTP ini merupakan capaian ketiga kalinya yang diraih LPP TVRI berturut-turut sejak tahun 2018, 2019 dan 2020. Kami akan terus dan selalu bekerja keras menjaga kepercayaan yang diberikan oleh BPK dengan berupaya meningkatkan kualitas laporan keuangan LPP TVRI  secara berkelanjutan“ ujar Direktur Utama LPP TVRI Iman Brotoseno dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu, 14 Juli 2021. 
 
Ketua Dewan Pengawas LPP TVRI, Pamungkas Trihadiatmoko mengatakan opini WTP harus ditindaklanjuti dengan pengelolaan keuangan profesional, transparan, dan akuntabel.  

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“WTP ini merupakan kewajiban. Catatan dan rekomendasi dari BPK harus ditindaklanjuti serta penggunaan keuangan negara harus efisien dan outcome oriented,” imbuhnya. 
 
WTP adalah opini audit tertinggi dari BPK terkait pengelolaan anggaran di Kementerian atau Lembaga Negara. 
 
Opini atas Laporan Keuangan disusun dengan mempertimbangkan 4 (empat) kriteria. Yakni kesesuaian Laporan Keuangan dengan SAP (Standar Akuntansi Pemerintahan), kecukupan pengungkapan sesuai SAP, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, serta efektivitas SPIP (Sistem Pengendalian Intern Pemerintah) dan tidak terdapat ketidakpastian mengenai perkembangan di masa depan yang cukup berarti (after going concern ). 
 
Dalam mekanismenya, Laporan Keuangan wajib disampaikan Kementerian/Lembaga (K/L) kepada Kementerian Keuangan untuk selanjutnya dikonsolidasikan menjadi LKPP (Laporan Keuangan Pemerintah Pusat).
 
(WHS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif