Ilustrasi tenaga medis di garda terdepan penanganan covid-19 - - Foto: dok AFP
Ilustrasi tenaga medis di garda terdepan penanganan covid-19 - - Foto: dok AFP

PPKM Darurat Diminta Mengoptimalkan Perlindungan Nakes

Nasional Virus Korona covid-19 Pasien Covid-19 pandemi covid-19 Satgas Covid-19 Penularan covid-19 Pengidap Covid-19 PPKM Darurat
Cahya Mulyana, Media Indonesia.com • 21 Juli 2021 08:08
Jakarta: Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat harus dioptimalkan untuk memastikan fasilitas dan tenaga kesehatan tidak kolaps. Apalagi, angka ketersediaan ranjang rumah sakit sudah lebih dari 90 persen dan 405 dokter gugur karena kasus covid-19 masih mengganas.
 
Data Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) menyebut kurang lebih 1.000 perawat positif terinfeksi virus korona sejak libur Lebaran 2021. Membludaknya jumlah pasien covid-19 juga membuat sejumlah rumah sakit harus berhenti menerima pasien akibat kekurangan tempat tidur.
 
Ketua Tim Penanganan Covid-19 DPP PPNI, Jajat Sudrajat, mendesak PPKM darurat harus dioptimalkan dalam menekan angka kasus covid-19. Kebijakan ini sia-sia bila tanpa implementasi yang benar di lapangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ya, PPKM lebih tegas lagi jangan cuma soal regulasi. Aplikasikan di lapangan dengan dan harus nyata, tegas, dan memberi sanksi tanpa pandang bulu," kata Jajat dalam keterangan tertulis, Rabu, 21 Juli 2021.
 
Sementara itu, Epidemiolog Griffith University Australia, Dicky Budiman, mengaku khawatir perpanjangan pemberlakuan PPKM darurat tak bisa meredam kolapsnya fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan yang terjadi di Indonesia saat ini. Menurut dia, rencana menambah sumber daya dan rumah sakit darurat belum tentu bisa menjawab keadaan tenaga kesehatan yang mulai tumbang saat ini.
 
Hal senada juga disampaikan Epidemiolog Universitas Indonesia, Pandu Riono. Dia meminta pemerintah memperpanjang PPKM darurat karena kasus covid-19 di Indonesia belum menunjukkan penurunan yang signifikan.
 
"Mau cepat (perpanjangan) bisa, mau lama juga bisa. Kalau mau cepat ya (kebijakan PPKM darurat) harus benar-benar dikerjain," kata dia.
 
Baca: Epidemiolog: Perpanjangan PPKM Darurat Sudah Tepat
 
Menurut Pandu, pemerintah seharusnya melakukan sejumlah evaluasi. Tidak hanya soal kebijakan PPKM darurat, melainkan juga testing, tracing, hingga vaksinasi.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif