Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Hengki Haryadi. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Hengki Haryadi. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra.

Pemelihara LPG Mal Taman Anggrek Dinilai Lalai

Nasional Ledakan di Mal Taman Anggrek
Ilham Pratama Putra • 22 Februari 2019 15:53
Jakarta: K dan F, pegawai PT Mulia, menjadi tersangka ledakan pipa gas di pujasera lantai 4 Mal Taman Anggrek, Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Petugas pemelihara instalasi liquified petroleum gas (LPG) itu dianggap lalai.
 
"Dua orang ini kami kenakan Pasal 360 KUHP dengan lalainya mengakibatkan orang lain luka berat dan kemudian Pasal 188 KUHP yaitu karena kesalahannya, mengakibatkan kebakaran ataupun letusan dan sebagainya," kata Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Hengki Haryadi di Polres Jakarta Barat, Jumat, 22 Februari 2019.
 
Menurut dia, kedua tersangka terancam pidana penjara maksimal 5 tahun. Penetapan tersangka ini, ungkap dia, didasarkan hasil pemeriksaan terhadap 16 orang saksi dan 3 orang saksi ahli dalam gelar perkara, Kamis, 21 Ferbuari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam kasus ini, polisi mengamankan barang bukti berupa 3 unit meteran, 2 unit kompor gas satu tungku, 2 buah pipa aliran gas, dan 1 bonggol gas value. "Bedasarkan fakta hukum dan alat bukti yang ada kita menetapkan dua orang tersangka yaitu atas nama inisial K dan F."
 
Sementara itu, ledakan di Mal Taman Anggrek pada Rabu, 20 Februari 2019, menyebabkan tujuh korban, yaitu FS, AS, NF, NR, DS, SP, dan IS. Mereka dirawat di Rumah Sakit Royal Taruma, Daan Mogot, Grogol, Jakarta Barat.
 
Baca: Tiga Korban Ledakan Mal Taman Anggrek Dirawat Intensif
 
Korban FS, terkena luka robek pada kaki sebelah kiri dan kepala. Kemudian, AS mengalami luka bakar 20 persen pada tangan kanan kiri, kaki kanan kiri, dan wajah. Korban lainnya, NF, mengalami luka bakar 20 persen pada tangan kanan, kiri, telapak kaki kanan kiri, dan wajah.
 
Selanjutnya, NR terkena luka bakar 27 persen di telapak kaki kanan kiri dan wajah. DS mengalami luka robek di lengan tangan kanan. Lengannya itu dijahit dengan lima jahitan. SP mengalami luka pada jari sebelah kiri. Sementara itu, IS mengalami trauma pada bahu kiri dan patah pergelangan pada kaki sebelah kanan.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif