Menhub: Penyelam Syachrul Anto Pahlawan Aviasi

Fachri Audhia Hafiez 05 November 2018 12:16 WIB
Lion Air Jatuh
Menhub: Penyelam Syachrul Anto Pahlawan Aviasi
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi--Medcom.id/Dian Ihsan Siregar
Jakarta: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan duka pada relawan Indonesia Diving Rescue Team (IDRT), Syachrul Anto. Syachrul gugur dalam upaya evakuasi korban pesawat Lion Air PK-LQP.

"Saya sampaikan duka cita atas gugurnya pahlawan aviasi Syachrul Anto dalam tim SAR yang bertugas mengevakuasi korban," kata Budi Karya di Hotel Ibis, Cawang, Jakarta Timur, Senin, 5 November 2018.

Syachrul Anto gugur dalam tugas penyelamatan dan evakuasi korban Jumat, 2 November 2018, akibat mengalami dekompresi. Jenazah Syachrul dimakamkan di tempat pemakaman umum (TPU) Bendul Merisi, Surabaya.


Budi Karya juga menyampaikan turut berdukacita pada 189 korban pada penerbangan Lion PK-LQP. Dia menyesalkan peristiwa yang terjadi pada Senin, 29 Oktober 2018 itu.

Baca: Istri Syachrul Anto: Saat Berangkat Dia Masih Sehat

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), agar proses investigasi penyebab jatuhnya pesawat cepat terungkap. Selain itu, proses identifikasi jenazah juga dilakukan secepatnya oleh tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri.

"Atas nama kemenhub menyampaikan bela sungkawa sedalam-dalamnya. Saya merasa risau mendalam dari keluarga korban atas kehilangan orang terkasih," ucap Budi.

Tim SAR gabungan bersama Kementerian Perhubungan, Kepala Badan SAR Nasional Marsekal Madya Muhammad Syaugi, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono dan pendiri Lion Grup Rusdi Kirana menggelar pertemuan dengan keluarga korban.

Keluarga korban diberikan informasi mengenai perkembangan proses evakuasi. Untuk diketahui, Basarnas menambah masa evakuasi dari tujuh hari menjadi tiga hari ke depan.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id