Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Kasus Kematian Covid-19 di 22 Kabupaten/Kota Tembus 100 Orang

Nasional Virus Korona pandemi covid-19
Nur Azizah • 08 Oktober 2020 18:07
Jakarta: Juru bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut ada 22 kabupaten atau kota yang memiliki kasus kematian lebih dari 100 orang. Daerah tersebut yakni Kota Surabaya, Gresik, Pasuruan, Malang, dan Sidoarjo di Jawa Timur, serta Semarang di Jawa Tengah.
 
Kasus kematian lebih dari 100 orang juga terjadi di Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Jakarta Selatan di DKI Jakarta. Kemudian, Makassar di Sulawesi Selatan, Kota Medan di Sumatra Utara, serta Balikpapan dan Samarinda di Kalimantan Timur.
 
"Lalu, Palembang di Sumatra Selatan, Banjarmasin di Kalimantan Selatan, Demak dan Kudus di Jawa Tengah, serta Kota Mataram di Nusa Tenggara Barat," kata Wiku dalam konferensi persnya, Jakarta, Kamis, 8 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Daerah lain yang memiliki kasus kematian lebih dari 100 orang ialah Manado di Sulawesi Utara dan Kota Pekanbaru di Riau. Wiku meminta kepala daerah di 22 kabupaten atau kota itu melakukan penanganan yang serius untuk mencegah lonjakan kasus covid-19.
 
"Harus benar-benar dapat mengevaluasi penanganan kasus covid-19 19 di wilayahnya masing-masing, dan segera menginformasikan kepada pemerintah pusat dan satgas jika mengalami kendala atau membutuhkan bantuan," kata Wiku.
 
Baca: Tren Angka Kematian Akibat Covid-19 di DKI Turun
 
Berdasarkan data Satgas Percepatan Penanganan Covid-19, sebesar 14,67 persen pasien yang meninggal berasal dari kelompok usia 60 tahun ke atas. Sedangkan 6,11 persen lainnya dari kelompok usia 45-59 tahun.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif