Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Jokowi Tagih Laporan Kesiapan Distribusi Vaksin

Nasional Virus Korona presiden jokowi vaksinasi vaksin covid-19
Nur Azizah, Theofilus Ifan Sucipto • 23 November 2020 11:11
Jakarta: Presiden Joko Widodo menagih laporan kesiapan distribusi vaksin virus korona (covid-19). Dia ingin mengetahui soal administrasi, pembayaran, penyimpanan, hingga mekanisme penyaluran vaksin.
 
"Ini (vaksin) sampai di tangan kita kapan karena proses administrasi, pembayaran, sudah dilakukan. Kemudian kesiapan vaksinasi juga sudah berapa persen?" kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin, 23 November 2020.
 
Kepala Negara mengingatkan kebutuhan tempat penyimpanan cold chain dan chiller dalam distribusi vaksin harus mencukupi. Dua tempat ini berguna untuk menjaga kualitas vaksin yang membutuhkan suhu dingin. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Vaksin Covid-19 Dirilis di AS Paling Cepat 11 Desember
 
"Kemudian, administrasi menuju ke tahapan-tahapan di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan yang berkaitan dengan emergency use authorization (izin penggunaan di situasi darurat) seperti apa?" ujar Presiden ke-7 Indonesia itu.
 
Pria kelahiran Surakarta, Jawa Tengah, 21 Juni 1961, itu berencana kembali mengecek simulasi vaksinasi di sejumlah fasilitas kesehatan. Dia ingin memastikan vaksinasi yang direncanakan dimulai Desember 2020 hingga Januari 2021 itu berjalan lancar.
 
"Saya minta simulasi terus dilakukan. Saya akan ngecek satu sampai dua kali lagi sehingga nanti saat pelaksanaan betul-betul pada kondisi yang sudah sangat baik dan paling penting menurut saya terus dilihat dan dievaluasi mekanisme proses distribusi vaksin," ujar dia.
 
Pada Rabu, 18 November 2020, Jokowi mengunjungi Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tanah Sereal, Bogor, Jawa Barat, untuk menyaksikan simulasi vaksinasi. Dia mengaku siap menjadi orang pertama yang divaksin.
 
"Memang  saya tinggal di sini sehingga saya mampir ke Puskesmas Tanah Sereal ini. Kalau boleh dan diminta saya yang paling depan (divaksin) saya siap," ungkap Jokowi.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif