Palu dan Donggala Diguncang 131 Gempa Susulan

Damar Iradat 29 September 2018 18:41 WIB
gempaGempa Donggala
Palu dan Donggala Diguncang 131 Gempa Susulan
Kondisi Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie usai gempa berkekuatan 7,4 skala richter yang mengguncang Palu dan Gondala, Sulawesi Tengah, kemarin. ANT/Rolex Malaha.
Jakarta: Sulawesi Tengah masih diguncang seratus lebih gempa susulan. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, hal itu biasa terjadi.

"Tercatat 131 kejadian gempa susulan. Tapi yang dirasakan lima kali di beberapa titik," kata Sutopo di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu, 28 September 2018. 

Ia menambahkan, gempa tersebut masih berasal dari sesar Palu-Koro yang melintang Sulawesi Tengah. Menurutnya, gempa susulan tersebut masih tergolong wajar. 


Menurut dia, lima gempa yang dirasakan intensitasnya menurun. Kendati begitu, Sutopo mengaku, pihaknya tak bisa memprediksi ihwal gempa susulan yang lebih besar seperti di Lombok beberapa waktu lalu. 

"Belum ada satu negara pun yang bisa memprediksi gempa. Tapi gempa di Sulawesi Tengah ini intensitasnya menurun," kata Sutopo.

Gempa 7.4 SR mengguncang Kota Palu dan Kabupaten Donggala pada Jumat, 28 September 2018. Gempa tersebut menyebabkan gelombang tsunami yang menyapu daratan Kota Palu dan sekitarnya.

Hingga Sabtu, pukul 13.00 WIIB tadi, tercatat 384 korban jiwa akibat gempa dan tsunami di Kota Palu. Sementara itu, data soal korban jiwa di Donggala hingga kini masih belum diketahui lantaran komunikasi masih terputus.



(DRI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id