Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (kiri). Foto: Medcom.id/Nur Azizah.
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (kiri). Foto: Medcom.id/Nur Azizah.

Moeldoko: Pengetasan Stunting Pembangunan SDM Jangka Panjang

Nasional stunting
Whisnu Mardiansyah • 16 September 2018 23:02
Jakarta: Pemerintah terus mengampanyekan upaya pengentasan masalah stunting (gagal tumbuh kembang) pada anak. Pengentasan stunting ini merupakan upaya pemerintah dalam membangun sumber daya manusia berkualitas sejak usia dini. 

"Karena pembangunan SDM perlu waktu yang panjang. Dimulai dari hamil anak usia dua tahun adalah golden age (usia emas)," kata Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di kawasan Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Minggu, 16 September 2018.

Kata Moeldoko, masalah stunting ini cukup tinggi angkanya di Indonesia. Jika dibiarkan, bukan saja berdampak pada masa depan si anak, tetapi juga jadi persoalan negara karena rendahnya SDM.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Jadi kalau kita salah salah mengelola, maka kita nantinya akan menghadapi persoalan anak-anak kita nanti akan kerdil. Kerdil fisiknya dan otaknya mengecil, kita tidak akan seperti itu," tegas Moeldoko.  Baca juga: Stunting Ditargetkan Turun jadi 28% pada 2019

Diharapakan dengan kampanye stunting secara nasional ini, diikuti oleh kepala-kepala daerah. Sehingga persoalan stunting di daerah maupun yang ada di perkotaan segera bisa diselesaikan. 

Senada dengan Moeldoko, Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek mengingatkan kepada para remaja terhadap pentingnya seribu hari kehidupan pascamelahirkan. Fase ini penting dalam tumbuh kembang anak, baik secara fisik maupun otaknya. 

"Seribu hari kehidupan penting dalam kehamilan dua tahun. Jangan lupa berikan ASI dan makanan tambahan," pungkasnya.  

Baca juga: Stunting Berpotensi Merugikan Negara Rp300 Triliun per Tahun

Pemerintah menargetkan prevalensi stunting turun 9 persen di 2019, dari 37,2 menjadi 28 persen persen. Pemerintah memaksimalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk SDM di 2019 dengan merevitalisasi posyandu, pemberian vitamin, obat cacing, imunisasi gratis, dan bantuan makanan tambahan.




(HUS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi