Peserta Program Kabupaten/Kota Sehat Masih Minim
Dirjen Kesehatan Lingkungan Kemenkes RI, Imran Agus Nurali, di MTSN Kota Nan IV, Payakumbuh. Medcom.id/Muhammad Al Hasan
Payakumbuh: Kementerian Kesehatan berharap seluruh wilayah di Indonesia ikut menyukseskan program kabupaten atau kota sehat. Ia menyebut baru setengah wilayah kabupaten/kota yang mengikuti program ini.

"Dari akhir 2017 kemarin, ada 355 dari 514 kabupaten dan kota yang sudah melaksanakan," kata Dirjen Kesehatan Lingkungan Kemenkes RI, Imran Agus Nurali, di MTSN Kota Nan IV, Payakumbuh, Sumatera Barat, pada Selasa, 8 Mei 2018.

Jumlah ini, kata Imran, masih tergolong minim. Meskipun, Imran mengklaim Kemenkes sudah gencar melakukan sosialisasi. "Masih ada di pelosok, kurang lebih 61 persen yang belum ikutan," ujarnya.


Imran mengatakan, mayoritas wilayah yang belum mengikuti program ini terdapat di Indonesia bagian timur. Menurut dia, ada banyak faktor yang mempengaruhi belum berjalannya program kabupaten dan kota sehat di sana, salah-satunya, faktor komitmen pemerintah daerah yang masih kurang.

"Geografi, budaya dan perilaku dan yang paling penting adalah komitmen Pemda supaya masyarakat terlibat adalah hal yang sangat penting. Tetapi kita tidak tinggalkan, tapi justru kita upayakan lebih ke sana dengan otonomi daerah seharusnya pemerintah daerah lebih jauh terlibat menyelenggarakan kota/kabupaten Sehat," beber dia.

Sejatinya, Imran bilang, program kabupaten atau kota sehat ini memiliki banyak dampak positif. Bukan hanya secara kesehatan dan sosial, tetapi juga dampak ekonomi. Selain itu, program ini juga dinilai selaras dengan nawa cita Presiden Joko Widodo.

"Harusnya memang kondisi suatu wilayah kalau bisa menyelenggarakan kabupaten kota sehat itu bagaimana dampak kesehatan bisa dilakukan, bukan hanya kesehatan unsur kesehatan termasuk berdampak ekonomi," ujarnya.

Imran pun meminta Pemda bisa merangkul masyarakat di daerah untuk ikut berjalan bersama menuju Indonesia Sehat. Sebab, dengan kolaborasi masyarakat dan pemerintah lintas sektor ini yang bisa menjadi kunci keberhasilan program kabupaten/kota sehat.

Kemenkes RI berkunjung ke Payakumbuh, Sumatera Barat untuk melakukan verifikasi faktual dalam rangka program kabupaten/kota sehat. Payakumbuh merupakan daerah yang memenangkan penghargaan Wistara lima kali berturut-turut. Kemenkes berharap Payakumbuh bisa dijadikan acuan bagi kota-kota lain dalam menciptakan kabupaten/kota Sehat.



(AGA)