Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho - Medcom.id/Candra Yuri Nuralam.
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho - Medcom.id/Candra Yuri Nuralam.

Banjir Bandang Papua Akibat Hilangnya Pohon di Gunung Cyclop

Nasional Bencana Alam Papua
Candra Yuri Nuralam • 17 Maret 2019 19:00
Jakarta: Peningkatan kerusakan hutan di Gunung Cyclop menjadi faktor yang memperparah terjadinya banjir bandang di Sentani di Kabupaten Jayapura, Papua. Tidak ada penahan membuat banjir langsung menerjang permukiman warga.
 
"Jadi, warga ini menebang pohon untuk kayu bakar dan pembukaan perkebunan liar," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Gedung BNPB, Rawamangun, Jakarta Timur, Minggu, 17 Maret 2019.
 
BNPB sudah mengirimkan 2.000 bibit pohon untuk ditanam di kawasan Gunung Cyclop sejak 2018. Bahkan, BNPB juga sudah memperingatkan Pemerintah Daerah Jayapura agar berhati-hati dengan ancaman banjir bandang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, berdasarkan data terakhir, tidak ada pohon di Gunung Cyclop menjadi faktor bencana. Selain itu, kata Sutopo, faktor alam turut memperparah bencana.
 
(Baca juga: Sentani dan Jayapura Tanggap Darurat)
 
"Hujan sangat ekstrem, kecepatannya mencapai 235,1 milimeter/jam," ucap dia.
 
Banjir bandang di Sentani akibat hujan yang berlangsung terus menerus selama delapan jam. BNPB mencatat setidaknya hingga Minggu, 17 Maret 2019 pukul 15.00 WIB, 58 orang tewas.
 
Sebanyak 39 jenazah dibawa ke RS Bhayangkara Polda Papua, tujuh jenazah di RS Marthin Indey, dan lima jenazah di RS Yowari.
 
"Sedangkan tujuh jenazah lainnya berada di rumah sakit di Kota Jayapura," ujar Sutopo.
 
Adapun korban luka-luka sebanyak 74 orang dirujuk ke PKM Sentani, RS Bhayangkari, dan RS Yowari. Sementara itu, 4.150 warga mengungsi ke enam titik yakni Kompleks Gajah Mada, Rumah Bupati Jayapura, Bintang Timur, HIS Sentani, Kantor Bupati Jayapura, dan Doyo.

 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi