Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi--Medcom.id/Dian Ihsan Siregar
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi--Medcom.id/Dian Ihsan Siregar

Kemenhub Buka Posko Tsunami Selat Sunda

Nasional Tsunami di Selat Sunda
Achmad Zulfikar Fazli • 23 Desember 2018 12:11
Tana Toraja: Kementerian Perhubungan akan membuka posko penanganan korban bencana tsunami di Banten dan Lampung. Pendirian posko ini juga akan dilakukan perusahaan BUMN.
 
"Saya sudah menugaskan dirjen saya, juga beberapa BUMN untuk segera membuka posko," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Minggu, 23 Desember 2018.
 
Budi Karya rencananya akan meninjau langsung lokasi terdampak tsunami. Dia ingin memastikan musibah itu tak mengganggu transportasi dan konektivitas antar daerah. "Besok saya akan ke sana untuk mengkoordinasikan apabila ada instalasi transportasi yang terganggu dan konektivitas yang terganggu," kata dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di sisi lain, Budi Karya mengaku belum mendapat laporan mengenai aktivitas di Pelabuhan Merak dan sekitarnya setelah tsunami tersebut. Dia juga sudah memerintahkan Dirjen Perhubungan Darat untuk berkoordinasi dengan PT Angkutan Sungai, Danau , dan Penyeberangan (ASDP) untuk memastikan hal tersebut.
 
"Secara khusus, saya menugaskan dirjen darat untuk segera menugaskan tim dengan ASDP. ASDP sendiri yang di Merak tidak terdampak," pungkas dia.
 
Baca: BNPB: 62 Orang Meninggal Dunia Diterjang Tsunami Selat Sunda
 
Berdasarkan data BNPB hingga pukul 10.00 WIB, jumlah korban meninggal dunia sebanyak 62 orang. "Korban luka-luka 584 orang, hilang 20 orang. Kemudian terdapat 430 unit rumah rusak berat, 9 unit hotel rusak berat, dan 10 kapal rusak berat," ujar Sutopo dalam keterangan resminya, Jakarta, Minggu, 23 Desember 2018.
 
Kabupaten Pandeglang menjadi wilayah yang paling parah terdampak terjangan tsunami Selat Sunda. Menurut Sutopo, Kabupaten Pandeglang merupakan daerah pemukiman dan wisata.
 
Sementara, penanganan bencana tsunami yang menerjang beberapa pantai di Kabupaten Pandeglang, Serang, dan Kabupaten Lampung Selatan atau di Selat Sunda terus dilakukan hingga saat ini. BNPB akan menggunakan helikopter untuk melakukan survei pemetaan daerah terdampak tsunami.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif