201 Personel SAR Sisir Sinyal 'Ping'
ilustrasi
Jakarta: Sebanyak 201 personel Tim SAR Bandung, Jawa Barat, akan dikerahkan menuju titik koordinat bunyi 'ping', yang diduga menjadi lokasi keberadaan kotak hitam pesawat Lion Air PK-LQP nomor penerbangan JT610. Pencarian badan pesawat yang jatuh di sekitar perairan Tanjung Karawang itu akan dilakukan mulai besok.

"Kami belum bisa memastikan apakah benar badan pesawat atau kotak hitam telah ditemukan, namun seluruh personel kami sudah siap diberangkatkan pada pencarian hari keempat besok," kata Humas SAR Bandung Joshua Bandarnahor dilansir Antara, Rabu, 31 Oktober 2018.

Menurut dia, sebanyak 201 personelnya itu telah bersiaga menanti instruksi pimpinan terkait proses evakuasi korban maupun komponen lain hingga kotak hitam pesawat yang hilang di perairan Karawang. Penempatannya disebar ke pesisir Pantai Tanjung Pakis, Kecamatan Pakis Jaya, Kabupaten Karawang, dengan menempati tenda-tenda.


Khusus untuk penanganan jasad korban pesawat, kata Joshua, kemungkinan seluruhnya akan dievakuasi menggunakan Kapal Basudewa menuju Posko Tanjung Priok. Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses identifikasi.

(Baca: Penyelam Terkendala Lumpur Hingga Satu Meter)

"Kemungkinan tidak ada jasad yang akan dibawa menuju Posko Disaster Victim Investigation (DVI) Polda Jabar di pesisir Pantai Tanjung Pakis, semuanya akan diangkut menuju Tanjung Priok dengan Kapal Basudewa," katanya.

Bunyi 'ping' yang diduga berasal dari kotak hitam tersebut ditangkap pada kedalaman 32 meter dan berasal dari dua objek. Dengan temuan ini diharapkan tim SAR gabungan juga bisa segera menemukan badan pesawat bertipe Boeing 737 Max 8 tersebut. Terpenting bisa mengevakuasi korban yang diduga masih terjebak di dalamnya.

Lion Air JT610 rute Jakarta-Tanjung Pinang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Senin, 29 Oktober 2018. Pesawat mengangkut total 189 orang, terdiri dari 178 penumpang dewasa, satu penumpang anak-anak, dan dua bayi dengan dua pilot dan enam flight attendant (FA).

Hingga kini proses evakuasi masih terus dilakukan oleh tim SAR gabungan. Sementara di Posko JICT sejumlah barang dan serpihan pesawat dikumpulkan guna diidentifikasi lebih lanjut.



(JMS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id