Saudagar Bugis Makassar Diminta Berbagi Pengalaman

Dheri Agriesta 24 Juni 2018 11:53 WIB
jusuf kalla
Saudagar Bugis Makassar Diminta Berbagi Pengalaman
Wapres Jusuf Kalla/MTVN/Dheri Agriesta
Makassar: Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta para saudagar Bugis Makassar berbagi oengalaman. Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) XVIII jangan sekadar digunakan berbincang kosong.

"Setelah pembukaan, jangan banyak bicara tentang pejabat atau jabatan. Misal ini Osman (Ketua DPD Oesman Sapta Odang) bicara tentang bisnisnya, karena yang penting pengalaman," kata Kalla saat pembukaan PSBM XVIII di Hotel Grand Clarion, Makassar, Minggu, 24 Juni 2018.

Kalla mengingatkan bangsa ini dibangun dua kelompok, pemerintah dan pengusaha. Pengusaha punya peran penting dalam pembangunan karena membayar pajak. Pengusaha juga punya peran penting menjaga keseimbangan perekonomian dengan membuka lapangan kerja.


Pengusaha sukses membutuhkan semangat tinggi. Ia ingin pertemuan para saudagar menumbuhkan semangat berusaha kepada generasi berikutnya.

"Karena yang penting berbagi pengalaman, bagaimana Daeng A sukses di Papua, Daeng B sukses di Sumatra, dan lain-lain. Jadi success story," terang Kalla.

Seperti pepatah, pengalaman merupakan guru terbaik buat siapa pun. Kalla memegang teguh hal itu.

Mantan Ketua Umum Partai Golkar itu berharap pertemuan ini bisa menjadi ajang silaturahmi antarsaudagar. Mereka diharapkan bisa saling membantu dalam pengembangan usaha.

"Jadi tidak sekadar kumpul-kumpul, juga silaturahmi. Mana tau nanti bicara lalu tanya eh kamu usaha apa? Oh kita sama, nanti biar saya suplai," beber Kalla.

Aini juga dihadiri Ketua DPD Oesman Sapta Odang dan Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Sumarsono. Hadir pula empat calon gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Halid, Agus Arifin Nu'mang, Nurdin Abdullah, dan Ikhsan Yasin Limpo.



(OJE)