8.381 Korban Selamat Gempa Lombok di 3 Gili

Sunnaholomi Halakrispen 09 Agustus 2018 08:19 WIB
Gempa Lombok
8.381 Korban Selamat Gempa Lombok di 3 Gili
Aparat TNI bersiaga di kawasan wisata Gili Trawangan, Desa Gili Indah, Pemenang, Tanjung, Lombok Utara, NTB. (ANT/Ahmad Subaidi)
Jakarta: Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan sebanyak 8.381 korban selamat ditemukan di tiga pulau. Ribuan korban itu meminta segera dikeluarkan dari Pulau Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno.

"Evakuasi dilakukan, dipimpin oleh Basarnas dengan mengerahkan 13 kapal. Sebanyak 8.381 jiwa, semuanya dalam kondisi selamat. Tidak ada yang luka-luka maupun meninggal," ujar Sutopo di Graha BNPB, Jalan Pramuka Kav. 38, Jakarta Timur, Rabu, 8 Agustus 2018.

Ia memaparkan, mayoritas korban yang dievakuasi merupakan wisatawan asing. Sutopo memaparkan, seluruh korban yang dievakuasi dari tiga Gili ingin keluar karena trauma guncangan gempa 7 skala richter. 


"Mereka merasakan gumcangan yang sangat keras," imbuhnya.

Sutopo melanjutkan, penanganan wisatawan dari Pelabuhan Bangsal dan Pelabuhan Lembar berjalan baik. Pemerintah pun telah menyediakan kendaraan untuk mengangkut wisatawan ke Bandara Internasional Lombok. 

"Bahkan, ada yang mendarat di Lombok pun akhirnya diantar sampai ke pelabuhan di Bali," tuturnya.



(LDS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id