Zakat via Laznas Dinilai Bantu Entaskan Kemiskinan

Anggi Tondi Martaon 08 Mei 2018 17:23 WIB
beasiswa osc
Zakat via Laznas Dinilai Bantu Entaskan Kemiskinan
Ketua PGO Faransyah Jaya, Direktur Eksekutif Laznas Al Azhar Sigit Iko Sugondo, serta Deputi Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia Dwiyanto (Foto:Anggi Tondi Martaon)
Jakarta: Masyarakat selama ini mengenal dua metode pembayaran zakat, yaitu dilakukan sendiri atau melalui Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas). Dari dua cara tersebut, manakah yang dianggap mampu mengentaskan kemiskinan?

Direktur Eksekutif Laznas Al Azhar Sigit Iko Sugondo mengatakan, tidak ada yang salah dari dua cara di atas dalam menunaikan kewajiban. Dia menekankan, menyalurkan zakat melalui Laznas dianggap cara tepat membantu kaum tidak mampu untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

"Membayar zakat sendiri tidak ada salahnya. Kalau zakat itu tiga fungsinya, yaitu taat kepada Allah, pemerataan terhadap kekayaan, dan pengentasan kemiskinan. Dua poin ini bisa diperoleh dengan membayar zakat sendiri. Tapi apakah yang saya distribusikan (penerima) tersebut itu terlepas dari kemiskinan? Belum tentu," kata Sigit, ditemui pada seminar bertema Meningkatkan Sadar Zakat, Infak, Sedekah & Wakaf Menuju Pemberdayaan Perekonomian Umat, di Gedung Kampus UAI, Jakarta, Selasa, 8 Mei 2018.


Sigit mencontohkan, zakat mal seseorang yang berpenghasilan Rp4 juta. Beban zakat yang diwajibkan dari penghasilan hanya 2,5 persen.

"Saya punya Rp4 juta, zakat saya kan cuma Rp100 ribu. Apakah dengan Rp100 ribu bisa mengentaskan kemiskinan? Kalau zakat dengan membayar sendiri-sendiri, kan berat," ujarnya.

Oleh karena itu, dia menilai penyaluran zakat lebih baik dilakukan melalui Laznas untuk mengentaskan kemiskinan. Nantinya, dana zakat yang terkumpul akan disalurkan melalui program yang sudah dibuat Laznas.

"Kalau dibayarkan melalui lembaga zakat, akan ada program yang komprehensif, terukur, dan berkelanjutan," katanya.

Selain itu, Sigit menyebutkan bahwa Laznas tidak bekerja sendiri, melainkan bermitra dengan stakeholder untuk menyukseskan upaya pengentasan kemiskinan melalui zakat.

"Jadi, kita harus bersama-sama. Dan pemerintah begitu juga perintahnya, bayar zakat itu melalui lembaga," ujar dia.



(ROS)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360