Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Vaksin Gratis GAVI Bakal Tiba di Indonesia Akhir Februari

Nasional Virus Korona vaksin covid-19
Fachri Audhia Hafiez • 11 Januari 2021 14:36
Jakarta: Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memperkirakan vaksin gratis dari Global Alliance for Vaccine and Immunization (GAVI) Covax Facility tiba di Indonesia akhir Februari 2021. Indonesia mengajukan permintaan 108 juta vaksin.
 
"Mungkin itu bisa datang lebih cepat di akhir Februari atau di awal Maret 2021," kata Budi melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin, 11 Januari 2021.
 
Menurut dia, vaksin gratis ini diperoleh dari hasil kerja sama multilateral antara Indonesia dengan GAVI. Minimal Indonesia mendapat 54 juta dosis vaksin dari total jumlah yang diminta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ada empat jenis vaksin yang disediakan GAVI. Tiga vaksin telah mendapatkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari negara asalnya, yakni vaksin AstraZeneca, Moderna, dan Pfizer. Satu vaksin lain, yakni Novavax.
 
Baca: Besok, Indonesia Terima Lagi 15 Juta Bahan Baku Vaksin Sinovac
 
Pemerintah belum memutuskan akan mengambil jenis vaksin dari empat pilihan itu. Budi masih berkoordinasi terkait hal itu bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto.
 
"Kami sekarang juga lagi berdiskusi dengan Pak Menko (Airlangga), jenis apa yang mau kita ambil. Karena vaksin-vaksin ini sudah bisa diberikan untuk orang di atas usia 60 tahun," ujar Budi.
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif