Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Desa Wisata Kembang Kuning Lombok Jadi Percontohan Nasional

Nasional Pariwisata Virus Korona Sandiaga Uno covid-19 pandemi covid-19
Yogi Bayu Aji • 08 Mei 2021 20:59
Jakarta: Desa Wisata Kembang Kuning di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), menjadi percontohan nasional. Desa wisata ini tercatat mengalami nol kasus covid-19 dan mampu bertahan saat pandemi. 
 
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan berbagai keunikan sekaligus kelebihan yang dimiliki desa wisata ini.  Desa ini juga dikenal dengan kenyamanannya karena nol kasus kriminalitas. 
 
"Dengan menerapkan protokol kesehatan, alhamdulillah nol kasus covid-19," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis, Sabtu, 8 Mei 2021. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Kemendagri Juga Diminta Memerintahkan Pemda Tutup Tempat Wisata
 
Menurut dia, aspek kesehatan dan keberlanjutan lingkungan dijaga warga Desa Kembang Kuning. Sandiaga meminta konsep desa wisata desa ini ditiru wilayah lainnya di Indonesia. 
 
"Fasilitas homestay-nya juga sangat baik. Terasa sekali nuansa kekeluargaannya. Desa wisata ini juga terus beradaptasi dengan teknologi. Produknya sudah bisa dibayarkan dengan online," imbuh Sandiaga. 
 
Sandiaga mengatakan masyarakat Desa Wisata Kembang Kuning dapat jadi role model nasional. Mereka terbukti mampu memulihkan kembali perekonomian masyarakat pascapandemi. 
 
"Ini adalah langkah kongkret yang bisa kita kolaborasikan untuk memulihkan kembali perekonomian masyarakat, membangkitkan pariwisata, membuka lapangan kerja, dan mendorong produk-produk ekonomi kreatif lokal. Saya menitipkan kepada Gubernur NTB (Zulkieflimansyah) agar desa wisata semacam ini ditingkatkan lagi jumlahnya," kata Sandiaga.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif