Melalui Aplikasi Mobile JKN, peserta  BPJS Kesehatan dapat melakukan konsultasi kesehatan dengan dokter langsung melalui chat (Foto:Dok.BPJS Kesehatan)
Melalui Aplikasi Mobile JKN, peserta BPJS Kesehatan dapat melakukan konsultasi kesehatan dengan dokter langsung melalui chat (Foto:Dok.BPJS Kesehatan)

Aplikasi Mobile JKN Permudah Konsultasi Kesehatan Online

Nasional BPJS Kesehatan
M Studio • 18 November 2020 21:45
Balikpapan: Dalam upaya mengurangi risiko penularan virus covid-19, kini fasilitas kesehatan (faskes) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan telah memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN untuk memberikan layanan secara daring (online).
 
Dalam layanan tersebut, faskes dapat memberikan layanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) melalui kanal konsultasi di Aplikasi Mobile JKN. Sebelum layanan tersebut tersedia, peserta JKN-KIS mengirimkan chat untuk memulai layanan konsultasi.
 
Sebagai informasi, salah satu faskes di Kota Balikpapan telah menerapkan layanan tersebut. Melalui Koordinator Pelayanan Kerjasama, Gita Amelia menyebutkan faskesnya telah melakukan pelayanan secara online melalui Aplikasi Mobile JKN sejak dua bulan yang lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kami telah menerapkan layanan secara online melalui Aplikasi Mobile JKN, jadi peserta dapat melakukan konsultasi kesehatan dengan dokter langsung melalui chat di aplikasi tersebut. Jika nantinya diperlukan pemeriksaan secara langsung, maka peserta akan diinformasikan untuk melakukan kunjungan ke faskes dengan jadwal yang telah ditentukan. Dengan adanya layanan secara online ini, diharapkan peserta JKN-KIS dapat tetap terlayani tanpa harus datang ke faskes sebagai upaya untuk mengurangi risiko penularan covid-19,” ujar Gita.
 
Ia juga menyebutkan setiap harinya rata-rata ada sekitar 3-5 peserta yang mengakses layanan tersebut.
 
“Rata-rata peserta yang melakukan chat biasanya menyampaikan konsultasi keluhan kesehatan, misalkan kemarin juga ada yang konsultasi mengenai menstruasi yang tidak teratur, lalu ada juga sakit perut dan selanjutnya dari keluhan itu kita harus juga mendalami dan menanyakan sudah berapa lama keluhannya dan lain sebagainya,” ucap Gita.
 
Lebih lanjut ia mengimbau peserta JKN-KIS untuk mengunduh Aplikasi Mobile JKN agar dapat memanfaatkan layanan konsultasi secara online ini.
 
“Bagi peserta dalam masa pandemi covid-19 ini kan sangat menguntungkan sekali, karena peserta dapat melakukan konsultasi dengan dokter tanpa harus keluar rumah. Selain itu keuntungan bagi kami sebagai faskes, Aplikasi Mobile JKN ini sangat membantu untuk memonitoring peserta JKN-KIS baik itu yang melakukan konsultasi online maupun peserta yang melakukan kunjungan langsung. Saya harap peserta JKN-KIS dapat men-download Aplikasi Mobile JKN ini, karena selain untuk konsultasi, kami juga dapat melakukan edukasi promosi kesehatan,” ujar Gita.
 
Hal yang sama juga disampaikan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Balikpapan, Sugiyanto berharap semua peserta JKN-KIS dapat mengunduh dan memanfaatkan kemudahan layanan konsultasi secara online ini.
 
“Dalam kondisi pendemi seperti sekarang ini diharapkan peserta dapat memanfaatkan layanan secara online melalui Aplikasi Mobile JKN sehingga dapat mengurangi risiko terpapar virus covid-19. Selain itu, saya juga mengucapkan terima kasih kepada fasilitas kesehatan yang telah menerapkan layanan konsultasi melalui Aplikasi Mobile JKN,” ujar Sugiyanto.
 
(ROS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif