Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi - Medcom.id/Arga Sumantri.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi - Medcom.id/Arga Sumantri.

Mendikbud Janji Maksimal Gunakan Anggaran Pendidikan

Nasional pendidikan
Desi Angriani • 14 Agustus 2019 13:04
Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendi berjanji menggunakan anggaran pendidikan maksimal. Ini menyusul protes Menteri Keuangan Sri Mulyani yang menilai hasil penggunaan anggaran pendidikan kurang memuaskan.
 
"Saya mendampingi Sri Mulyani untuk merapikan struktur anggaran pendidikan, agar betul-betul tepat sasaran dan tidak salah guna. Mudah-mudahan tahun depan sudah dirapikan," ujarnya di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 14 Agustus 2019.
 
Ia menuturkan banyak faktor yang menyebabkan anggaran pendidikan tidak terserap maksimal. Namun, ia enggan menjabarkan lebih jauh selama struktur anggaran pendidikan belum diperbaiki.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(Baca juga: Anggaran Pendidikan Naik, Komitmen Pemda Harus Kuat)
 
"Banyak itu, makanya ini sedang kita bicarakan dengan Menteri Keuangan. Kalau saya kasih tahu beritanya menjadi tidak utuh kan. Nanti saja yah saya kasih tahu," imbuh dia.
 
Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut hasil alokasi anggaran pendidikan sebesar 20 persen dari total Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tidak memuaskan. Ia menilai perlu perbaikan penggunaan alokasi dana pendidikan.
 
"Sekarang hampir 10 tahun mengadopsi 20 persen anggaran pendidikan di APBN. Namun hasilnya tidak sebesar seperti di Vietnam," ujarnya di seminar Kemenko Perekonomian di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat, 9 Agustus 2019.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif