Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menuju Taman Nasional Bunaken. Foto: Istana Kepresidenan.
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menuju Taman Nasional Bunaken. Foto: Istana Kepresidenan.

Presiden 'Blusukan' ke Taman Nasional Bunaken

Nasional pariwisata
05 Juli 2019 14:32
Manado: Presiden Joko Widodo mengunjungi Taman Nasional Bunaken di sela kunjungan di Sulawesi Utara. Presiden mengingatkan masyarakat untuk menjaga dan merawat salah satu wisata andalan Sulawesi Utara ini.
 
"Kita ingin melihat ke lapangan di mana ada potensi-potensi yang bagus, yang dipakai untuk pariwisata. Tapi memang ini adalah area konservasi yang juga harus hati-hati," kata Presiden di Dermaga Bunaken, Jumat, 5 Juli 2019.
 
Presiden mengatakan Taman Nasional Bunaken memiliki keindahan bawah laut yang sohor hingga internasional. Taman Nasional Bunaken juga kaya akan keanekaragaman hayati.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Presiden bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo menuju Bunaken menggunakan kapal Bunaken Crystal 7. Perjalanan selama 45 menit itu terbayar tuntas saat kapal merapat di Dermaga Bunaken.
 
Presiden dan rombongan juga sempat menikmati kecantikan ikan tropis dan terumbu karang eksotis menggunakan kapal khusus yang dilengkapi ruang bawah kapal. Presiden pun terkesima dengan keindahan taman bawah laut Bunaken.
 
Baca: Keputusan Cepat Jokowi Mengembangkan Potensi Sulut
 
Kepala Negara berharap keindahan bawah laut ini terus dipelihara dengan baik. Beberapa waktu yang lalu, kata dia, kawasan Bunaken sempat tak terawat dan dipenuhi sampah.
 
"Saya kira ini potensi yang sangat baik, tapi memang harus dirawat dan dijaga jangan sampai sampah plastik masuk ke sini. Dulu banyak, sekarang tadi saya lihat sudah (bersih) karena rutin dari pemerintah daerah selalu membersihkan sampah-sampah lautnya," ujarnya.
 
Pemerintah Pusat juga membangun infrastruktur pendukung untuk mempermudah akses ke lokasi wisata ini. Jokowi ingin wisatawan lokal dan asing lebih gampang mencapai Taman Nasional Bunaken.
 
"Ini mau dibuat perencanaan dulu untuk membuat klaster-klaster sehingga penduduknya di sebelah mana jelas, tempat wisata di mana jelas, area konservasinya di mana juga jelas," kata Kepala Negara.
 
Kawasan wisata tersebut memang menjadi salah satu magnet pariwisata Provinsi Sulawesi Utara. Setiap tahunnya, pemerintah setempat menggelar Festival Pesona Bunaken yang selalu diminati wisatawan asing.
 
Presiden sadar dengan tingginya potensi wisata Indonesia. Pemerintah Pusat memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan pariwisata di Sulawesi Utara.
 
"Kita ke lapangan ingin mengejar itu. Kalau biasa-biasa saja kita mungkin enggak (upaya), tapi ini ada keadaan luar biasa yang turis ingin masuk dan kita harus menyiapkan," jelas Presiden.
 
Pemerintah juga akan mengembangkan pariwisata di daerah lain. Dalam waktu dekat, Presiden akan berkunjung ke Labuan Bajo di NTT.
 
"Artinya anggaran yang kita gunakan ini harus memberikan dampak pertumbuhan ekonomi kepada masyarakat. Kita mulai ke sana. Jadi infrastruktur itu betul-betul memberikan dampak terhadap investasi dan dampak kepada masyarakat," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif