Ilustrasi/Medcom.id.
Ilustrasi/Medcom.id.

Penularan Covid-19 Lewat Udara Bisa Diminimalisasi

Nasional Virus Korona
Nur Azizah • 10 Juli 2020 15:09
Jakarta: Virus korona (covid-19) bisa menular melalui udara. Namun, penularannya bisa diminimalisasi dengan penerapan protokol kesehatan secara disiplin.
 
"Bila kita menjaga jarak dan menggunakan masker maka kemungkinan untuk tertular itu menjadi jauh lebih kecil," kata anggota Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Budiman Bela, di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta Timur, Jumat, 10 Juli 2020.
 
Penggunaan masker harus disiplin dilakukan. Sebab, alat pelindung diri (APD) itu dapat menyaring makrodroplet maupun mikrodroplet saat sedang berbicara, batuk, maupun bersin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Semua aktivitas yang berpotensi menularkan virus itu akan tertampung di masker kita," kata dia.
 
Baca:WHO Mengakui Risiko Penularan Covid-19 via Udara
 
Selain itu, masyarakat diminta tidak menyentuh mulut, hidung, dan mata sebelum mencuci tangan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) membeberkan temuan baru penyebaran melalui transmisi udara pada Rabu, 8 Juli 2020.
 
Seorang petinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Benedetta Allegranzi, mengatakan kemungkinan transmisi udara ini tidak dapat diabaikan untuk area ramai, ruang tertutup, atau lokasi yang kurang memiliki ventilasi udara.
 
Pernyataan Allegranzi disampaikan usai lebih dari 200 ilmuwan menuding WHO telah meremehkan kemungkinan penularan covid-19 melalui udara. Selama ini, WHO mengatakan sebagian besar penularan covid-19 berasal dari percikan cairan tubuh pasien saat batuk atau bersin.
 
"Kami ingin mereka (WHO) mengakui bukti-bukti ini," kata Jose Jimenez, seorang ahli kimia dari University of Colorado yang turut menandatangani surat terbuka terkait transmisi covid-19 via udara,dilansir dari laman BBC, Rabu 8 Juli 2020.
 

(ADN)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif