Kakorpolairud Baharkam Polri Irjen Pol Lotharia Latif memberikan keterangan pers di Jakarta, Selasa, 19 Mei 2020. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman
Kakorpolairud Baharkam Polri Irjen Pol Lotharia Latif memberikan keterangan pers di Jakarta, Selasa, 19 Mei 2020. Foto: Medcom.id/Yurike Budiman

Pengamanan Empat Destinasi Wisata Superprioritas Diperketat

Nasional Virus Korona
Yurike Budiman • 19 Mei 2020 20:58
Jakarta: Korps Kepolisian Perairan dan Udara Badan Pemelihara Keamanan (Korpolairud Baharkam) Polri memperketat pengamanan empat dari lima destinasi wisata superprioritas. Destinasi wisata ini meliputi Danau Toba, Likupang, Mandalika, dan Labuan Bajo.
 
"Setelah pandemi covid-19 (virus korona), pariwisata ini salah satunya yang diandalkan. Hingga kita Polair mengantisipasi hal itu," kata Kepala Korpolairud Inspektur Jenderal (Irjen) Lotharia Latif, di Markas Korpolairud Baharkam Polri, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa, 19 Mei 2020.
 
Menurut dia, pihaknya menyiagakan alat utama sistem pertahanan (alutsista) dan personel di daerah tersebut. Selain membantu pencarian dan pertolongan (SAR) di perairan, pihaknya akan menjaga tempat wisata itu dari gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk di Danau Toba, Sumatra Utara, pihaknya menyiapkan enam alat material khusus (almatsus), tiga kapal Satuan Polairud Polres Samosir, dan empat kapal Direktorat Polairud Polda Sumatra Utara. Sebanyak 11 personel diterjunkan.
 
"Sudah disiapkan kapal-kapal kita di sana C2, C3, dan personel kita juga sudah. Kalau butuh ditambah, ya akan kita tambah lagi," ujar Latif.
 
Di Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Korpolairud menempatkan 26 personel. Kawasan Ekonomi Kreatif Mandalika bakal dijadikan tempat balap MotoGP 2021.
 
"Maka, itu menjadi salah satu pertimbangan untuk kita melakukan pengamanan di sana. Ada tiga almatsus yang sudah disiapkan," kata dia.
 
Sementara itu, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), diproyeksikan menjadi lokasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 2023. Polair menyiapkan kapal B2 untuk mendukung keamanan pariwisata. Selain itu, ada empat kapal C2 dari Direktorat Polairud Polda NTT dan satu kapal dari Polres Manggarai Barat.
 
"Event internasional ini cukup besar, mudah-mudahan situasi covid-19 cepat selesai dan berlalu sehingga ekonomi rakyat bisa hidup dan berkembang kembali. Kalau tidak akan susah semua," ujar Latif.
 
Pengamanan Empat Destinasi Wisata Superprioritas Diperketat
 
Baca: Kondisi New Normal Usai Korona Ubah Gaya Industri Wisata
 
Untuk destinasi Likupang, Sulawesi Utara, pihaknya menempatkan 41 personel. Selain itu, empat almatsus disediakan Polairud untuk mengantisipasi gangguan keamanan.
 
"Pantainya indah sekali, cukup bagus. Ini salah satu destinasi yang ditunjuk pemerintah untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan," ujar Latif.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini.
 

(OGI)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif