Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Pulau Jawa dan Bali Luhut Binsar Pandjaitan. Dok. Tangkapan Layar
Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Pulau Jawa dan Bali Luhut Binsar Pandjaitan. Dok. Tangkapan Layar

19,9 Juta Masyarakat Jawa-Bali Diprediksi Lakukan Mobilitas Selama Nataru

Nasional Virus Korona natal dan tahun baru pandemi covid-19 PPKM Jawa-Bali Mobilitas Masyarakat
Theofilus Ifan Sucipto • 25 Oktober 2021 20:11
Jakarta: Sebanyak hampir 20 juta masyarakat di Pulau Jawa dan Bali diprediksi melakukan mobilitas selama libur Natal dan tahun baru (nataru). Tingkat mobilitas itu berdasarkan hasil survei Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Perhubungan.
 
"Wilayah Jawa Bali yang diperkirakan akan melakukan perjalanan sekitar 19,9 juta (orang), sedangkan Jabodetabek 4,45 juta (orang)," kata Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Pulau Jawa dan Bali, Luhut Binsar Pandjaitan, dalam telekonferensi di Jakarta, Senin, 25 Oktober 2021.
 
Luhut mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan para menteri agar membuat strategi pencegahan. Sebab, mobilitas tinggi tanpa pengaturan protokol kesehatan ketat akan meningkatkan risiko penyebaran kasus.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Presiden memberikan arahan tegas kepada kami untuk merancang agar tidak ada peningkatan kasus akibat liburan nataru," papar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi itu.
 
Baca: Kemenhub: Penumpang Pesawat Naik 12% Sejak Kasus Covid-19 Melandai
 
Luhut meminta masyarakat terus memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan (3M). Pemerintah juga terus memasifkan testing, tracing, dan treatment (3T).
 
Penggunaan tes polymerase chain reaction (PCR) juga segera diterapkan pada moda transportasi lain. Tes PCR baru diwajibkan bagi penumpang pesawat.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif