Kendaraan ringsek dalam kecelaan beruntun di Tol tersebut menyebabkan 12 korban jiwa. Istimewa (Ahmad Rofahan)
Kendaraan ringsek dalam kecelaan beruntun di Tol tersebut menyebabkan 12 korban jiwa. Istimewa (Ahmad Rofahan)

Polri Dalami Kecelakaan Beruntun di Tol Cipali

Nasional kecelakaan lalu lintas
Theofilus Ifan Sucipto • 18 Juni 2019 00:46
Jakarta: Kepolisian Republik Indonesia (Polri) masih mendalami penyebab kecelakaan beruntun Tol Cipali pada Senin dini hari, 17 Juni 2019. Kecelakaan diduga terjadi akibat perdebatan antara penumpang dan sopir bus.
 
"Penumpang menghendaki pengemudi menghentikan kendaraannya karena mau turun. Tapi pengemudi bersikeras melanjutkan perjalannya," kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin, 17 Juni 2019.
 
Baca juga:Sopir Diserang Penyebab Kecelakaan Maut Tol Cipali

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Perdebatan itu, kata Dedi, mengganggu konsentasi sopir bus. Akibatnya, sopir bus membanting setir ke jalur sebelah yang melawan arah dari Jakarta.
 
Kendati begitu, Dedi mengatakan kepolisian tidak akan mengkaji kronologis dari satu sisi. Korps Lalu Lintas (Korlantas) akan menerjunkan Tim Traffic Accident Analysis (TAA) untuk menggali kasus tersebut lebih jauh.
 
Dedi menjelaskan TAA bakal melakukan pendekatan ilmiah, menghitung titik antara tabrakan, rem, dan beberapa sudut pandang ilmiah. Tidak hanya itu, lanjut dia, TAA bakal meminta informasi lebih lanjut dari saksi dan korban.
 
"Ini baru keterangan awal. Nanti akan disimpulkan faktor kecelakaan utama itu apa," pungkasnya.
 
Baca juga:Identitas 12 Korban Tewas di Cipali
 
Kecelakaan beruntun terjadi di ruas Tol Cikopo-Palimanan KM 150. Kecelakaam yang melibatkan empat kendaraan tersebut menyebabkan 12 korban jiwa.
 
Dalam peristiwa yang terjadi pukul 01.00 dini hari itu, 12 orang dinyatakan tewas, 11 luka berat dan 27 luka ringan. Korban meninggal dibawa ke Rumah Sakit Cideres Majalengka. Sedangkan korban luka-luka, mendapatkan perawatan di RS Mitra Plumbon Cirebon.

 

(BOW)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif