(Foto:MI/Bary Fathahilah)
(Foto:MI/Bary Fathahilah)

Komisi VII Siap Perbaiki Regulasi Pengelolaan Limbah

Nasional berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 01 Juli 2019 18:19
Jakarta: Panitia Kerja (Panja) Limbah dan Lingkungan Komisi VII DPR RI berniat memperbaiki regulasi pengelolaan bahan berbahaya dan beracun (B3). Upaya tersebut akan dilakukan bersama Direktorat Jenderal Penegakkan Hukum (Ditjen Gakkum) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).
 
Hal itu disampaikan oleh anggota Komisi VII DPR Yulian Gunhar saat meninjau landfill PT Tanjung Enim Lestari (TEL), Muara Enim, Sumatera Selatan.
 
Menurutnya, penyempurnaan regulasi dilakukan untuk menjamin keselamatan masyarakat yang bermukim di sekitar lokasi industri.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena kita lihat disini perusahaan sepertinya belum begitu maksimal dalam mengelola limbah B3 ini," ujar Gunhar saat dikutip Dpr.go.id, Senin, 1 Juli 2019.
 
Politikus PDI Perjuangan itu mengungkapkan, penyempurnaan regulasi tersebut bisa memaksimalkan pengawasan pengelolaan limbah. Sehingga, pelaku industri bisa mengelola limbah dengan baik.
 
Hal senada juga disampaikan oleh Kurtubi. Dia pun mengingatkan agar pelaku industri mengelola limbah dengan baik.
 
Politikus NasDem itu menegaskan, pihaknya tidak akan tinggal diam terhadap oknum yang tidak mengelola limbahnya dengan baik. Limbah yang dihasilkan tidak boleh merugikan rakyat.
 
"Lingkungan industri kita dukung untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, tetapi harus tetap mentaati ketentuan aturan dan undang-undang yang mengatur lingkungan hidup khususnya penanganan limbah," ujar Kurtubi.
 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif