Menteri BUMN melihat operasi tambang PT Freeport Indonesia di Grasberg, Mimika. IST
Menteri BUMN melihat operasi tambang PT Freeport Indonesia di Grasberg, Mimika. IST

Menteri BUMN Kagum Tambang Freeport Dioperasikan Anak Bangsa

Nasional freeport
Faisal Abdalla • 27 Juli 2019 20:58
Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengunjungi tambang milik PT Freeport Indonesia di Tembagapura, Papua. Rini menyaksikan langsung tangan-tangan anak bangsa mengoprasikan tambang.
 
"Hari ini saya sangat bangga karena putra-putra Indonesia mampu melaksanakan operasi tambang yang tidak mudah ini dengan baik. Apalagi yang menjalankan penambangan bawah tanah dengan menggunakan remote kontrol kebanyakan kaum perempuan." kata Rini dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Sabtu, 27 Juli 2019.
 
Rini mengakui dirinya baru pertama kali mengunjungi tambang PT Freeport Indonesia. Rini menyebut memang dirinya baru mau datang ke sana setelah proses divestasi 51 persen kepada Pemerintah RI selesai dilakukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rini berhap para direksi dan pimpinan PT Freeport Indonesia akan terus meningkatkan kinerjanya. Termasuk memikirkan agar masyarakat Papua khususnya Mimika bisa mandiri setelah operasi tambang nantinya berakhir.
 
"Banyak masyarakat yang sangat tergantung kepada operasi tambang dan mereka menjadi miskin ketika operasi tambangnya berakhir. Saya minta itu tidak terjadi di Mimika dan tugas direksi PT Freeport Indonesia untuk ikut memikirkan jalan keluarnya," ujar Rini.
 
Sebelumnya, Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas menyebut ketergantungan masyarakat Papua dan Mimika kepada Freeport sangat tinggi. Berdasarkan kajian LPEM Universitas Indonesia, 48 persen produk domestik bruto regional Papua bersumber dari Freeport.
 
"Sepanjang operasi Freeport sejak 1971 di Timika begitu besar kontribusi yang diberikan baik kepada negara Indonesia, Provinsi Papua, dan Kabupaten Mimika. Pemerintah perlu memikirkan kegiatan industri yang lain di daerah ini agar ketika operasi tambang Freeport berakhir pada 2041 nanti, masyarakatnya tidak menjadi semakin miskin," ujar Tony.

 

(NUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif