Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB Wisnu Widjaja. Medcomid/Muhammad Syahrul Ramadhan
Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB Wisnu Widjaja. Medcomid/Muhammad Syahrul Ramadhan

Warga Diminta Waspada Potensi Banjir dan Longsor

Nasional bencana longsor bencana banjir
Muhammad Syahrul Ramadhan • 01 Juni 2019 03:11
Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memprediksi potensi bencana banjir dan longsor di sejumlah wilayahb saat Lebaran. Sebab, sebagian besar wilayah di Indonesia masih berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.
 
"21 persen yang baru ke arah kemarau sekitar. 79 persen berpotensi hujan. Hujan ini berpotensi menimbulkan tanah longsor dan banjir," kata Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB Wisnu Widjaja di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Jumat, 31 Mei 2019.
 
Wisnu merinci wilayah seperti Jawa Barat, dan sebagian Sumatera berpotensi diguyur hujan lebat. Situasi serupa juga diprediksi terjadi di Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. "Masih ada potensi terjadinya hujan dan longsor," ujarnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wisnu pun mengingatkan publik tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi bencana gunung api. Kendati, belum ada status gunung berapi di Indonesia yang mengkhawatirkan.
 
"Walaupun tidak dalam posisi 'awas' kita tidak boleh masuk ke radius yang sudah ditetapkan badan geologi seperti Gunung Agung (Bali), itu 4 kilometer jangan masuk sana," ujarnya.
 
Ia menyarankan warga yang ingin menghabiskan liburan Lebaran ke kawasan gunung berapi agar mengetahui betul wilayah dan kondisi gunung yang dituju. Bisa juga dengan bertanya kepada warga sekitar.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif